Gianyar, Bali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gianyar, Balii, mengadakan penyuntikan vaksin Human Papilloma Virus (HPV) kepada para siswi SMP di kabupaten tersebut
guna mencegah kanker rahim.

Siaran pers Diskominfo Pemkab Gianyar, Minggu menyebutkan bahwa program itu merupakan kerja sama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar dengan dinas kesehatan. Vaksinasi ini diberikan secara simbolis kepada 28 siswa SMP N 1 Blahbatuh dan akan dilakukan secara serentak kepada siswi SMPN di Kabupaten Gianyar oleh puskesmas di masing-masing wilayah.

Dalam kegiatan vaksinasi HPV tampak hadir Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Gianyar sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Surya Adnyani Mahayastra, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar, kepala organisasi perangkat daerah Kabupaten Gianyar, serta kepala sekolah menengah pertama se-Kabupaten Gianyar.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Gianyar Surya Adnyani Mahayastra mengatakan pemberian vaksin ini merupakan program rutin YKI sejak Tahun 2015. Pada tahun 2015 YKI Cabang Gianyar telah memberikan vaksin HPV kepada 1.120 anak dengan anggaran Rp728 juta, Tahun 2016 sebanyak 1.458 anak dengan anggaran Rp1,02 miliar, Tahun 2017 sebanyak 2.902 anak dengan anggaran Rp5 miliar lebih, Tahun 2019 sebanyak 3.737 anak dengan anggaran Rp3,189 miliar.
 
Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi human papilloma virus. Vaksin ini bisa diberikan kepada anak-anak yang memasuki masa remaja, baik perempuan maupun laki-laki, serta kepada orang dewasa yang belum pernah atau belum lengkap mendapatkan vaksin HPV.
 
Ketua PKK Gianyar menambahkan, karena pandemi Tahun 2020, program vaksinasi Human Papilloma Virus tidak bisa dilaksanakan. Pada Tahun 2021 kembali dilaksanakan, namun dengan sasaran yang lebih spesifik dengan skala prioritas.

"Jika sebelumnya vaksinasi HPV menyasar seluruh siswi SMP, tahun ini YKI Gianyar memprioritaskan anak-anak yang kurang mampu, anak-anak yang berprestasi, serta anak-anak yang memiliki keluarga riwayat kanker," katanya.

Tahun 2021 ini tercatat sebanyak 169 orang anak penerima vaksin HPV. "Saat ini kanker menjadi penyebab kematian yang paling banyak, sehingga saya selaku ketua YKI Cabang Gianyar memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk menjaga generasi-generasi kita terhindar dari kanker serviks dan kanker payudara,” ujar Surya Adnyani Mahayastra.
 
Ia menambahkan ada dua kanker yang mematikan bagi perempuan. Pertama, kanker serviks yang dapat dicegah sejak dini dengan melakukan pap smear bagi yang sudah menikah dan IVA test bagi ibu-ibu, serta untuk anak dapat diberikan vaksin HPV dari dari umur 9 tahun.

Tujuan pemberian vaksinasi untuk memberikan perlindungan atau kekebalan kepada remaja putri terhadap kanker serviks dan kanker payudara, serta dapat menekan angka kesakitan dan kematian yang disebabkan kanker.
 
Salah seorang peserta vaksinasi, Ni Kadek Diva Pramesti, siswi SMP Negeri 1 Blahbatuh, merasa senang bisa mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan oleh YKI Cabang Gianyar. Dia berharap vaksinasi in dapat mencegah dirinya terkena kanker serviks, kanker payudara serta kanker lainnya yang rentan terhadap remaja putri.

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021