Jakarta (ANTARA) - Pemilik Oxford United yang juga pengusaha muda asal Indonesia, Anindya Novyan Bakrie, mengapresiasi pasukan Oxford yang berjuang menembus babak play off League One Inggris untuk promosi ke divisi dua Liga Championship.

“Kami bersyukur Oxford United dapat bermain cemerlang dalam pertandingan terakhir Season ini. Kemenangan meyakinkan 4-0 melawan Burton menggiring The Yellows masuk ke play off kedua  kalinya dalam dua tahun terakhir," kata Anin dalam pernyataan resmi di Jakarta, Senin.

"Semoga dua pertandingan melawan Blackpool, dapat membawa Oxford United kembali ke Wembley untuk Final Play Off," kata Anindya.

Hasil League One Inggris musim 2020-2021 pekan terakhir atau laga ke-46 berakhir dramatis, Minggu 9 Mei 2021. Empat tim lolos ke babak playoff, yakni Blackpool FC, Sunderland AFC, Lincoln City, dan Oxford United yang kini dimiliki Anindya Bakrie.

Keberhasilan Oxford tak lepas hasil maksimal pada laga terakhir usai membungkam Burton Albion 4-0. Sedangkan rival terdekat Portsmouth FC takluk di kandang sendiri melawan Accrington Stanley FC 0-1.

Hasil laga itu membuat Oxford United mengoleksi 74 poin untuk menempati peringkat enam, sebaliknya Portsmouth turun ke peringkat delapan dengan 72 poin.

Sebenarnya Oxford dan Charlton Athletic sama-sama mengoleksi 74 poin, namun Charlton kalah selisih gol dan harus puas pada peringkat tujuh.

Baca juga: Erick Thohir dan Anindya Bakrie segera miliki Oxford United

Dua tim Hull City (peringkat satu) dan Peterborough (peringkat dua) lolos otomatis ke Liga Championship, sedangkan peringkat 3-6 harus menjalani babak playoff untuk memperebutkan satu tiket promosi ke Championship.

Tim peringkat tiga Blackpool FC (80 poin), peringkat empat Sunderland AFC (77 poin), peringkat lima Lincoln City FC (77 poin) dan peringkat enam Oxford United FC (74 poin).

Bertanding di Stadion Kassam, Oxford langsung menekan jantung pertahanan Burton Albion.

Gol pertama tercipta pada menit ke-10 melalui aksi Mide Shodipo, dan pada menit ke-28, Matty Taylor menciptakan gol kedua yang membawa Oxford United memimpin 2-0 hingga babak pertama.

Pada babak kedua, Oxford kembali menambah dua gol penting atas usaha Elliot Lee pada menit ke-57 dan gol Sam Winnal pada menit ke-92. Oxford United pun menang telak 4-0.

Pada semifinal play off, Oxford United akan menantang peringkat tiga Blackpool FC dengan format kandang-tandang. Oxford United akan menjamu Blackpool di Stadion Kassam, 19 Mei 2021 dan laga kedua 22 Mei giliran Blackpool yang menjadi tuan rumah.

Laga semifinal playoff lainnya, Lincoln City akan menantang Sunderland AFC, 30 Mei mendatang.

Ini bukan kali pertama Oxford menembus playoff karena musim lalu Oxford juga berhasil menembus playoff namun harus puas menempati peringkat empat playoff final.

Baca juga: Klub milik Erick Tohir dan Anindya dukung kampanye perangi rasisme

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021