Palembang (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palembang, Sumatera Selatan menyiagakan personel di pos darat dan air untuk membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana pada momentum Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021.

"Kami telah melaksanakan siaga SAR khusus Lebaran 2021, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan
yang terjadi selama perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Siaga SAR khusus Lebaran ini berlangsung dari 6 - 24 Mei," kata Kepala Kantor Basarnas Palembang, Herry Marantika di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, ada 76 personel yang disiagakan di kantor maupun Pos SAR Pagar Alam, Unit Siaga SAR Musirawas, Unit Siaga SAR OKU Timur, dan pos air Kapal KN SAR Setyaki.

Selain itu, pihaknya juga menempatkan sejumlah personel pada beberapa titik Posko Siaga Lebaran di Kota Palembang seperti Bandara SMB II, Pelabuhan Boom Baru, Pelabuhan Tanjung Api-api, Tol Palindra dan Kayu Agung, serta beberapa objek wisata.

Baca juga: Tim SAR temukan warga tenggelam di Sungai Ogan Palembang

Baca juga: Tim SAR temukan korban hilang tabrakan kapal cepat di Muba


Untuk mendukung siaga khusus Lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan alat utama darat, laut dan peralatan pendukung lainnya seperti Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Car Compartement, Rescue Carrier, Rescue D’max serta peralatan medis (Emergency Kit)'.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, personilnya dalam melaksanakan tugas wajib menerapkan protokol kesehatan.

Dengan jumlah personel dan peralatan pendukung itu, diharapkan sewaktu-waktu tim Basarnas Palembang dapat memberikan bantuan secara cepat dan maksimal kepada masyarakat yang mengalami suatu musibah atau terkena bencana, ujarnya.*

Baca juga: Satu orang tewas dalam tabrakan dua kapal cepat di Musi Banyuasin

Baca juga: Tim SAR temukan 2 penumpang kapal tenggelam di Sungai Lilin Sumsel

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021