Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan pesan kepada generasi muda saat dirinya menghadiri peluncuran buku kisah hidup Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti di Jakarta, Senin.

"Semoga Pak LaNyalla sehat selalu, amanah mengemban tugas, dan bukunya dapat menginspirasi anak-anak muda untuk berani mewujudkan mimpi," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Puan mengisi kata pengantar dalam buku bertajuk "AA LaNyalla Mahmud Mattalitti: Jalan Hidupnya Ditempa Bagai Keris" itu.

Dalam kata pengantarnya, Puan menyampaikan bahwa pengalaman hidup seseorang memiliki berbagai dimensi; sosial, ekonomi, politik, budaya, dan religius.

Baca juga: Ketua DPD luncurkan buku perjalanan hidup harap jadi inspirasi
Baca juga: Liga 1 diwacanakan tanpa degradasi, LaNyalla minta kualitas diutamakan
Baca juga: Jadi cameo, Ketua DPD RI siap dukung industri perfilman Indonesia


"Interaksi kehidupan dalam berbagai dimensi tersebut akan membentuk karakter dan reputasi seseorang," ujarnya.

Dia mengatakan, LaNyalla yang berbagi kisah hidupnya melalui penerbitan buku tersebut, dapat memberikan gambaran dan pembelajaran tentang arti kerja keras, berani menjawab tantangan dan melakukan perubahan namun juga tetap terus berikhtiar untuk rendah hati dan tawakal kepada Allah SWT.

Menurut dia, cita-cita, cerita, dan pengalaman hidup setiap individu akan berbeda-beda namun ada satu kesamaan dari kisah hidup banyak tokoh yang bisa dijadikan pelajaran yaitu semangat pantang menyerah meskipun menghadapi tantangan seberat apapun.

"Termasuk kemauan dan kegigihan untuk kembali bangkit ketika terjatuh, dalam usaha mewujudkan cita-cita itu seringkali prosesnya panjang dan jalannya berliku. Termasuk untuk menjadi pemimpin, dalam bidang apapun, harus melalui proses dan tidak bisa instan," katanya.

Menurut dia, seorang pemimpin dituntut dapat memahami permasalahan yang dihadapi, dapat menunjukkan jalan untuk mengatasinya, serta dapat menjalaninya dengan berbagai risiko.

Puan mengatakan, seorang pemimpin juga ditempa hidupnya sehingga memiliki kualitas kepemimpinan yang andal, baik itu keberanian untuk mengambil keputusan, maupun kemampuan untuk mengajak banyak pihak untuk bergotong royong mencapai tujuan bersama.

"Apapun cita-cita yang kita inginkan, maka harus memiliki semangat yang selalu bergelora untuk menjadikan diri kita sebagai manusia yang merdeka dalam meraih hidup yang bahagia dan membawa manfaat," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021