Jakarta (ANTARA) - Kapal Motor Colombus GT 77 mengalami kecelakaan di perairan sebelah selatan Pulau Gusung Sekati, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Jakarta, Selasa.

Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Pulau Kelapa, Muslim membenarkan adanya peristiwa itu. Informasi tersebut diperoleh dari seorang penumpang kapal motor Colombus GT 77 bahwa kapal mengalami kebocoran pada badan kapal.

Pihaknya menerima laporan bahwa penumpang berhasil selamat. ​​​​​"Kejadian sekitar pukul 10.30 WIB, kapal ojek Colombus berlayar dari Kali Adem-Pulau Kelapa dengan jumlah manifes penumpang 51 orang," ujar Muslim.

Sebanyak 51 penumpang kapal berhasil diselamatkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan gabungan dari Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Baca juga: Tumpahan minyak cemari perairan Untung Jawa Kepulauan Seribu
Baca juga: KKP amankan dua kapal ikan Indonesia di Kepulauan Seribu


Muslim mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh petugas yang terlibat dalam proses evakuasi penumpang kapal, di antaranya personel Sudin Gulkarmat, Satpol PP, TNI, Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan para nelayan setempat.

"Untuk tim evakuasi, saya mewakili warga mengucapkan terima kasih sehingga warga kami bisa selamat dan bisa ikut merayakan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah," ujar Muslim.

Pada hari Selasa sekitar pukul 10.30 WIB, kapal Colombus GT 77 tanda selat 2015 Nomor 4297/L mengalami kebocoran saat menuju ke Pulau Kelapa dari Pelabuhan Kaliadem.

Diketahui seluruh penumpang kapal berjumlah 57 orang berhasil selamat dan tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Mereka telah dievakuasi kembali ke Pulau Gusung Sekati oleh aparat gabungan dan nelayan setempat.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021