Polresta Bogor Kota tutup sementara Gerbang Tol Baranangsiang

id Polresta Bogor Kota,Gerbang tol Baranangsiang,Kepadatan arus lalu lintas,Pasawan puncak padat,Simpang gadog

Polresta Bogor Kota tutup sementara Gerbang Tol Baranangsiang

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro didampingi Kabag Ops Kompol Prasetyo dan Kasat Lantas Kompol Andrianyo mengawasi penutuan akses jalan tol di dekat gerbang tol Baranangsiang Kota Bogor, Sabtu (15/5/2021), untuk mengantisipasi membludaknya kendaraan ke Kota Bogor. (ANTARA/HO/Polresta Bogor Kota)

Bogor (ANTARA) - Polresta Bogor Kota menutup sementara Gerbang Tol Baranangsiang dan mengalihkan arus lalu lintas ke pintu tol lainnya.

"Intinya Kota Bogor mengantisipasi membludaknya masyarakat pengguna kendaraan menuju Kota Bogor. Karena adanya pembatasan kendaraan menuju ke kawasan wisata di Puncak Bogor, maka banyak yang berbalik untuk masuk ke pusat Kota Bogor," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Kapolresta Bogor Kota yang didampingi Kabag Ops Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo dan Kasatlantas Kompol Andriyanto melakukan peninjauan ke Gerbang Tol Baranangsiang menuju ke Kota Bogor.

Pembatasan kendaraan yang masuk ke Kota Bogor dilakukan dengan menutup sementara akses jalan di Gerbang Tol Baranangsiang pada pukul 16.30 hingga 18.00 WIB dan mengalihkannya melalui pintu gerbang tol lainnya.

Kendaraan di tol Jagorawi dari Jakarta yang menuju ke pusat Kota Bogor dialihkan melalui Gerbang Tol Bogor Selatan. Sedangkan kendaraan di dalam tol dari arah Ciawi menuju ke pusat Kota Bogor, dialihkan keluar melalui Gerbang Tol Sentul Selatan.

Menurut Susatyo, rekayasa pengalihan arus lalu lintas ini dilakukan jika terjadi kepadatan kendaraan  di pusat Kota Bogor, seperti yang terjadi pada Sabtu mulai sekitar pukul 13.00 WIB hingga sekitar 18.00 WIB.

Baca juga: Libur Lebaran, tempat wisata di Bogor tetap buka untuk warga lokal
Baca juga: Hari libur Lebaran, pendatang boleh ke tempat wisata di Kota Bogor


Susatyo menjelaskan, rekayasa pengalihan arus lalu lintas ini dilakukan untuk membatasi mobilitas masyarakat dan menghindari kerumunan, jika terjadi kepadatan kendaraan di pusat Kota Bogor.

"Tadi siang terjadi kepadatan kendaraan sehingga dialihkan melalui Gerbang Tol Bogor Selatan dan Gerbang Tol Sentul Selatan," katanya.

Ketika Gerbang Tol Baranangsiang dibuka pada sekitar pukul 18.00 WIB, kendaraan yang cukup lama tertahan di jalan tol keluar secara beriringan dan meramaikan Jalan Raya Padjajaran.

Sebelumnya, ratusan kendaraan yang menuju ke kawasan wisata di Puncak Kabupaten Bogor berplat bukan Bogor, diputar balik oleh petugas gabungan yang melakukan penjagaan di pos sekat di simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor.

Pewarta : Riza Harahap
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar