Leverkusen kunci tiket Europa lantaran Gladbach dikalahkan Stuttgart

id liga jerman,leverkusen,gladbach,union berlin,stuttgart

Leverkusen kunci tiket Europa lantaran Gladbach dikalahkan Stuttgart

Gelandang serang Bayer Leverkusen Florian Wirtz (tampak punggung) melakukan selebrasi bersama Aleksandar Dragovic seusai mencetak gol ke gawang Union Berlin dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion BayArena, Leverkusen, Jerman, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Ina Fassbender)

Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen mengunci tiket Liga Europa musim depan kendati hanya bermain imbang melawan Union Berlin dalam laga pekan ke-33 Liga Jerman, pasalnya dalam pertandingan lain pesaing mereka Borussia Moenchengladbach dikalahkan oleh VfB Stuttgart.

Menjamu Union di Stadion BayArena, Sabtu, Leverkusen hanya bisa memetik satu poin setelah diimbangi 1-1 oleh tamunya itu.

Setelah ketangkasan kiper Lukas Hradecky diuji oleh Christopher Lenz, Marcus Ingvartsen dan Max Kruse, Leverkusen mampu membuka keunggulan pada menit ke-26 melalui sepakan kaki kiri Florian Wirtz menyambar bola muntah hasil tembakan Wendell.

Sayangnya, bukan saja gagal menggandakan keunggulan mereka, Leverkusen juga mendapati gawang mereka jebol pada menit ke-72 akibat sepakan jarak dekat Joel Pohjanpalo.

Upaya Leverkusen memberi jawaban instan dua menit kemudian melalui tembakan luar kotak penalti Moussa Diaby masih bisa diamankan oleh kiper Andreas Luthe.

Kedua tim tak mampu meraih gol penentu kemenangan sehingga skor 1-1 bertahan hingga bubaran.

Baca juga: Wolfsburg jaga tiga besar, peluang Liga Champions Leverkusen habis

Dalam laga lain di Borussia Park, Gladbach dipecundangi oleh Stuttgart dengan skor 1-2.

Sempat memimpin lewat gol pengujung babak pertama Lars Stindl, Gladbach gagal menjaganya dan tak mampu meredam serangan Stuttgart dalam 20 menit terakhir.

Pada menit ke-72 Wataru Endo lebih dulu menyamakan kedudukan bagi tim tamu dengan gol jarak jauh, lantas lima menit berselang Sasa Kalajdzic membawa Stuttgart berbalik memimpin.

Gladbach yang berusaha bangkit serangan-serangannya selalu tidak bisa menembus pertahanan Stuttgart yang pulang membawa tiga poin penuh.

Baca juga: Schalke jegal kesempatan Frankfurt masuk empat besar

Hasil-hasil tersebut membuat Leverkusen dipastikan akan finis di urutan keenam atau posisi terakhir zona Liga Europa, yang saat ini mereka duduki dengan raihan 52 poin.

Sedangkan Gladbach (46) melorot ke urutan kedelapan, disalip oleh Union (47) dan hanya unggul satu poin dari Sttutgart (45) yang membayangi di peringkat kesembilan, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Gladbach, Union dan Stuttgart kini terlibat dengan SC Freiburg (45) dalam persaingan untuk bisa finis di urutan ketujuh atau meraih satu tiket babak playoff kualifikasi Liga Conference, kompetisi kasta ketiga UEFA yang mulai bergulir musim depan.

Di pertandingan pemungkas pada Sabtu (22/5) pekan depan, Leverkusen akan bertandang ke markas Borussia Dortmund, Gladbach melawat ke kandang Werder Bremen, sedangkan Union dan Stuttgart sama-sama melakoni laga kandang masing-masing melawan RB Leipzig dan Arminia Bielefed.

Baca juga: Lewandowski samai rekor Gerd Mueller kendati Bayern diimbangi Freiburg

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar