Untuk arus balik, Hutama Karya memprediksi lonjakan lalu lintas akan terjadi pada Minggu (16/5) di mana kegiatan perkantoran akan kembali dimulai esok harinya
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) memperkirakan lonjakan arus balik lalu lintas kendaraan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Sumatera terjadi pada hari ini, Minggu (16/5).

"Untuk arus balik, Hutama Karya memprediksi lonjakan lalu lintas akan terjadi pada Minggu (16/5) di mana kegiatan perkantoran akan kembali dimulai esok harinya," ujar EVP of Corporate Secretary Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dia juga menambahkan bahwa tercatat dari Rabu (12/5) hingga Jumat (14/05), sebanyak total 186.536 kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera.

"Total kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu
Agung, Ruas Palembang – Indralaya, Ruas Medan – Binjai, Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 & 4," katanya.

Tahun ini, tepat dua tahun sudah momen Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan di tengah pandemi COVID-19 dan adanya pelarangan mudik.

Momentum mudik sebelumnya menjadi saat yang ditunggu-tunggu pada Lebaran, kini mudik justru dapat mengancam kesehatan orang yang dicinta di kampung halaman, alih-alih mengobati rasa rindu justru dapat
berpotensi menyebarkan virus yang mematikan.

Tak hanya bagi masyarakat khususnya di perantauan yang tidak dapat pulang kampung, Lebaran di tengah masa larangan mudik juga menjadi tantangan tersendiri bagi para petugas jalan tol khususnya di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero).

Hutama Karya tetap siaga memberikan pelayanan optimal bagi seluruh pengguna jalan tol yang diperbolehkan melintas, meskipun kondisi lalu lintas jalan tol tidak seramai biasanya akibat peniadaan mudik.

Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan pada sistem tertutup, memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol.

Baca juga: Peniadaan mudik, 519 kendaraan diputarbalikkan di Tol Trans Sumatera

Baca juga: H-1 Lebaran, 431.768 kendaraan telah melintasi di Tol Trans Sumatera

Baca juga: Hutama Karya targetkan 550 km Tol Trans Sumatera bakal rampung 2023


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021