Memang benar, Sabtu (15/5) tiga anggota KKB yang merupakan anak buah Lekagak Telenggen, telah menyerahkan diri
Jayapura (ANTARA) - Tiga orang anak buah kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau kelompok teroris pimpinan Lekagak Telenggen telah menyerahkan diri ke satgas pengamanan daerah rawan (pamrahwan) Yonif 715/MTL di kampung Tanah Merah, Kabupaten Puncak, Papua.
 
"Memang benar, Sabtu (15/5) tiga anggota KKB yang merupakan anak buah Lekagak Telenggen, telah menyerahkan diri," kata Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa, Minggu.
 
Kol CZI Suriastawa dalam keterangannya tertulis-nya diterima di Jayapura, mengatakan tiga anggota KKB yang menyerahkan diri yakni YAW (34), MM (17) dan OM (41).

Baca juga: Tiga anggota KKB di Ilaga ditembak, senjata disita

Baca juga: Satgas Nemangkawi berupaya pisahkan KKB dengan warga sipil
 
Dari laporan yang diterima terungkap, ketiganya memiliki peran yang berbeda yakni YAW yang terlibat kontak tembak di Tembagapura tahun 2017-2019 bertugas sebagai pemantau aparat keamanan yang akan masuk ke Kampung Tigilobak.
 
Sementara MM bertugas sebagai pencari logistik dan dana dari masyarakat, sedangkan OM sebagai pendamping saat YAW dan MM melaksanakan tugasnya.
 
Saat menyerahkan diri mereka juga membawa senjata berupa senapan angin, golok, anak panah, amunisi SS2 dan sofgun, beberapa dokumen dan perlengkapan lainnya, seperti ransel, HP, dan lain-lain.
 
"Saat ini, ketiga teroris dan barang bukti sudah diserahkan kepada Satgas Nemangkawi untuk pemeriksaan dan proses lebih lanjut,” tutur Kol CZI Suriastawa.

Baca juga: Satgas Nemangkawi tembak mati anggota KKB penembak Bharada Komang

Baca juga: Dua anggota Satgas Nemangkawi terluka dalam baku tembak dengan KKB

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021