PSV raih tiket Liga Champions walau cuma imbang, AZ ke Liga Europa

id liga belanda,psv,az alkmaar,utrecht,heracles,liga champions,liga europa

PSV raih tiket Liga Champions walau cuma imbang, AZ ke Liga Europa

Gelandang PSV Eindhoven Marco van Ginkel (kiri) melakukan selebrasi bersama Mario Goetze seusai mencetak gol ke gawang Utrecht dalam laga pekan pemungkas Liga Belanda di Stadion Galgenwaard, Utrecht, Belanda, Minggu (16/5/2021). ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS.

Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven meraih satu tiket babak kedua kualifikasi Liga Champions musim depan walaupun cuma meraih hasil imbang dalam laga pekan pemungkas Liga Belanda.

Melawat ke Stadion Galgenwaard, PSV hanya memetik satu poin setelah mengimbangi tuan rumah Utrecht dengan skor 1-1.

Kendati lebih banyak menekan, PSV harus tertinggal lebih dulu dari Utrecht pada menit ke-36 akibat gol tandukan Sander van de Streek dalam situasi bola mati.

Upaya PSV baru membuahkan hasil empat menit memasuki babak kedua ketika Marco van Ginkel menyelesaikan umpan Mario Goetze dengan sepakan kaki kirinya untuk membuat kedudukan jadi imbang.

PSV terus berusaha mencari gol pembalik keadaan, tetapi hingga peluit tanda laga usai berbunyi kedudukan 1-1 tak berubah.

Baca juga: PSV kunci tiket Liga Champions lantaran AZ gagal menang

Hasil imbang PSV tersebut, membuat kemenangan telak 5-0 yang dibukukan AZ saat menjamu Heracles Almelo di Stadion AFAS seolah tak mempengaruhi upaya mereka menembus zona Liga Champions.

AZ yang tampil dominan sejak sepak mula baru bisa memecahkan kebuntuan empat menit jelang turun melalui gol Myron Boadu menyambar bola muntah hasil tembakan Calvin Stengs.

Keunggulan itu diperlebar oleh Jesper Karlsson yang dua kali membobol gawang tim tamu pada menit ke-50 dan tujuh menit kemudian.

Boadu mencetak gol keduanya di laga itu pada menit ke-74 sebelum Owen Wijndal melengkapi kemenangan AZ jadi 5-0 pada menit ke-87.

Wijndal sebetulnya gagal mengeksekusi tendangan penalti, tetapi bola muntah yang membentur mistar gawang kembali disambar oleh bek sayap itu untuk menjebol gawang Heracles.

Baca juga: Jadwal Liga Belanda: apa saja yang diperebutkan di pekan pemungkas?

Hasil kedua pertandingan di atas membuat PSV tetap finis di posisi kedua klasemen dengan koleksi 72 poin, unggul satu poin atas AZ yang hanya meraih tiket playoff kualifikasi Liga Europa musim depan.

Sedangkan Utrecht tetap finis di posisi keenam dengan 53 poin, terlibat dalam playoff perebutan satu tiket babak kedua kualifikasi Liga Conference.

Sementara Heracles (44) tertahan di urutan kesembilan, gagal mengikuti playoff tersebut, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Vitesse pastikan tiket Liga Conference setelah Feyenoord terpeleset
Baca juga: Ajax kirim VVV Venlo terdegradasi bersama ADO Den Haag

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar