Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur membekuk Wolverhampton 2-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu, demi menjaga peluang mengejar zona empat besar klasemen.

Gol-gol Harry Kane dan Pierre-Emile Hojbjerg membawa Tottenham naik ke posisi keenam klasemen dengan raihan 59 poin, atau hanya terpaut lima poin dari Chelsea (64) yang menduduki peringkat keempat.

Sedangkan Wolverhampton (45), yang hanya bisa finis di papan tengah, tak beranjak dari urutan ke-12 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tottenham nyaris membuka keunggulan saat laga baru berusia lima menit ketika tembakan Kane sudah tak bisa dijangkau kiper Rui Patrico, sayang bola masih membentur bagian bawah tiang gawang sebelum disapu oleh para pemain Wolverhampton.

Wolves balik mengancam melalui Fabio Silva, sayang tembakannya yang sudah mengarah ke pojok bawah gawang dihadang oleh Eric Dier yang pasang badan melakukan halauan.

Baca juga: Leeds jegal peluang Tottenham dekati empat besar

Dua menit jelang turun minum, Tottenham seharusnya meraih keunggulan ketika Kane mampu menutup situasi sepak pojok dengan tandukan berbahaya, tetapi kapten Wolves Conor Coady yang berjaga di garis gawang mampu menghalau bola.

Sayangnya, tepat di pengujung waktu normal lini belakang Wolves gagal mengawal pergerakan Kane yang lolos dari jebakan offside untuk menerima umpan terobosan dari Hojbjerg, mengecoh Coady sebelum melepaskan tembakan yang bersarang ke pojok kanan bawah gawang membuka keunggulan tuan rumah.

Gol itu membuat Kane kembali memimpin daftar top skor sementara Liga Inggris dengan koleksi 22 gol, unggul satu gol atas penyerang Liverpool Mohamed Salah.

Lima menit memasuki babak kedua, Wolverhampton berkesempatan mencetak gol balasan dalam situasi bola mati, sayang sundulan Romain Saiss masih terlalu lemah dan mudah diamankan kiper Hugo Lloris.

Di ujung lapangan berbeda, kiper Rui Patricio melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tembakan keras Sergio Reguilon pada menit ke-52.

Baca juga: Gol menit terakhir antar Wolves kalahkan 10 pemain Brighton

Dua menit kemudian, Patrico kembali melakukan penyelamatan untuk membenturkan bola tembakan Kane ke tiang gawang. Bola muntah jatuh ke hadapan Bamidele Alli, tetapi sambarannya juga menghantam tiang gawang.

Pada menit ke-62, Tottenham akhirnya menggandakan keunggulan mereka saat Hojbjerg berlari kencang untuk mengejar bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna Patricio atas tembakan Gareth Bale demi menyarangkannya ke dalam gawang Wolves.

Wolves tak bisa berbuat banyak, di sisa pertandingan bahkan tak ada gol hiburan bagi mereka yang harus pulang dari London dengan tangan hampa dan kekalahan 0-2.

Di pertandingan selanjutnya, kedua tim akan sama-sama main pada Rabu (19/5) pekan depan, saat Tottenham tampil di kandang menjamu Aston Villa dan Wolverhampton melawat ke Goodison Park menghadapi Everton.

Baca juga: Palace pastikan Villa tak lagi berpeluang ke Eropa
Baca juga: Diogo Jota cedera jelang lawan West Brom, musimnya berakhir lebih awal
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: West Ham terancam disalip Tottenham dan Everton

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021