Otsus adalah solusi percepatan pemerataan pembangunan di segala bidang
Manokwari (ANTARA) - Bupati Pegunungan Arfak, Papua Barat Yosias Saroy menyatakan pembangunan daerahnya masih sangat membutuhkan dukungan anggaran otonomi khusus (otsus).

"Otsus adalah solusi percepatan pemerataan pembangunan di segala bidang, sehingga perlu dilanjutkan," kata Bupati Yosias Saroy.

Pernyataan Bupati Pegunungan Arfak ini diunggah oleh salah satu pengguna konten kreatif YouTube Papua Penuh Damai, Senin.

Dalam video berdurasi 42 detik itu, Bupati Pegunungan Arfak mengatakan bahwa otsus merupakan solusi terbaik dalam percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dia juga mengatakan bahwa kondisi geografis daerahnya sangat membutuhkan sokongan dana pemerintah pusat dalam pembangunan.

"Kondisi keuangan daerah kami terbatas untuk membangun daerah ini, sehingga kami butuh dana otsus sebagai solusi," kata Saroy.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menjanjikan pembangunan infrastruktur jalan dan bandar udara di Kabupaten Pegunungan Arfak dalam dua tahun.

Janji itu disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan perdana di Kabupaten Pegunungan Arfak pada Oktober 2019, setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
Baca juga: Gerindra harap revisi UU Otsus akhiri persoalan di Papua
Baca juga: DPR RI melaksanakan rapat revisi UU Otsus di Papua Barat

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021