Jakarta (ANTARA) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyerukan kepada pengurus masjid/mushala di Indonesia untuk menyumbang dana bantuan solidaritas bagi rakyat Palestina yang saat ini tengah membutuhkan akibat agresi militer Israel.

"DMI, sejalan juga dengan sikap dan pendirian bangsa Indonesia sesuai amanat konstitusi kita, mengajak segenap masjid seluruh Indonesia beserta jamaah untuk menggalang solidaritas Al-Aqsha beserta seluruh jamaahnya dan umat Islam khususnya di kawasan A-Quds, Gaza, Palestina pada umumnya," ujar Sekretaris Jenderal DMI Imam Addaruqutni dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Seruan untuk membantu rakyat Palestina ini juga tercantum dalam surat edaran Nomor 076/SEM/PP-DMI/A/V/2021 yang ditandatangani Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla.

Dalam surat tersebut, DMI mengajak agar masjid/mushala turut menyumbang sedikitnya Rp50 ribu demi membantu rakyat Palestina yang saat ini tengah menghadapi agresi militer Israel.

Baca juga: Kemensos pastikan pengawasan PUB terkait donasi ke Palestina

Baca juga: Musi Banyuasin galang donasi untuk Palestina


DMI juga mengajak masyarakat untuk mendoakan serta membaca Qunut Nazilah baik secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. Memanjatkan doa ini untuk kedamaian dunia, solusi Palestina-Israel, dan keselamatan rakyat Palestina.

"Qunut Nazilah dan doa segera kedamaiannya serta tercapai solusi damai dan hidup sejahtera bersama seluruh bangsa merdeka sekawasan dan berdiri tegak sebagai bangsa merdeka di tengah masyarakat dunia," kata dia.

Imam menegaskan DMI mengutuk keras agresi militer Israel terhadap rakyat Palestina yang telah merenggut nyawa ratusan orang termasuk wanita dan anak-anak.

Secara tegas bahwa pengusiran dan agresi militer itu bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB dan Hukum Humaniter Internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV Tahun 1949.

Imam juga mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang menyerukan upaya internasional agar sama-sama mendesak Israel menghentikan agresi militer di Palestina.

Adapun bagi mereka yang ingin menyumbang dapat menyalurkan lewat rekening Solidaritas Al Aqsha Gaza DMI 7500001008/Bank Syariah Indonesia atau rekening Solidaritas Al Aqsha DMI 032901004318300/BRI dengan nomor sekretariat DMI 087782043957.*

Baca juga: PMI salurkan donasi Rp1 miliar untuk rakyat Palestina

Baca juga: Wali Kota Depok donasikan Rp200 juta untuk Palestina


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021