Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 170 karyawan PT Mega Eltra, anggota holding Pupuk Indonesia, telah mengikuti vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi Bersama (SVB) BUMN di Lapangan Tennis Indoor Senayan Jakarta beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Mega Eltra Hilman Taufik dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, menjelaskan vaksinasi ini merupakan wujud komitmen Mega Eltra dalam memberikan jaminan kesehatan kepada para karyawan.

Selain itu juga sebagai langkah proaktif perusahaan mendukung pemerintah untuk akselerasi atau percepatan dalam membangun herd immunity (kekebalan kelompok).

"Mega Eltra selalu menjadi garda terdepan dalam memerangi COVID-19. Tanpa ada keraguan, karyawan ikut vaksin. Ini bentuk partisipasi dan kolaborasi kami dengan pemerintah guna mengatasi pandemi," kata dia.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, hingga 16 Mei 2021 sudah tercatat sebanyak 13.737.596 orang mengikuti vaksinasi tahap I, dan total 8.970.715 orang menuntaskan vaksinasi hingga tahap II. Sedangkan kasus aktif COVID-19 di Tanah Air saat ini berjumlah 90.800 kasus.

"COVID-19 masih ada di sekitar kita. Jadi, herd immunity melalui vaksinasi bagi Mega Eltra sangat diperlukan, karena dalam menjalankan usaha, kami selalu berinteraksi langsung dengan para pelanggan," jelas Hilman.

Ia menambahkan, sebanyak 170 karyawan Mega Eltra beserta anak perusahaan yaitu Sigma Utama yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya telah mengikuti vaksin COVID-19 tahap pertama pada 1 hingga 20 April 2021. Sedangkan vaksinasi tahap kedua diselesaikan pada 29 April hingga 3 Mei 2021.

Sementara bagi karyawan cabang yang berada di beberapa wilayah di Indonesia, kata Hilman, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan sesuai jadwal yang diberikan oleh pemerintah setempat.

"Vaksinasi ini juga bentuk dukungan perusahaan dalam pemulihan ekonomi nasional yang sempat terhantam akibat wabah COVID-19," ujarnya.

Hilman mengungkapkan selain mengikuti vaksinasi di internal, pihakny  juga proaktif dan konsisten dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Walaupun sudah divaksin, Hilman mengintruksikan karyawan untuk selalu disiplin dalam menjalankan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilisasi).

Baca juga: Mega Eltra-Pindad kerja sama produksi-pasarkan mesin pertanian

Baca juga: Mega Eltra pasok potasium klorida Pupuk Kujang untuk bahan baku NPK
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021