Satgas COVID-19 Lampung gunakan hotel sebagai tempat isolasi pemudik

id Corona Lampung, penyekatan Lampung, tempat isolasi lampung

Satgas COVID-19 Lampung gunakan hotel sebagai tempat isolasi pemudik

Ilustrasi - Pelaksanaan tes cepat antigen bagi pemudik yang melalui Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Lampung menambah jumlah tempat isolasi, salah satunya menggunakan hotel sebagai tempat isolasi bagi pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kemarin pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif COVID-19 ada 161 orang, karena masih terus bertambah maka kita menambah pula tempat isolasi," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Lampung, Reihana, di Bandarlampung Jumat.

Ia menjelaskan kini Satgas Penanganan COVID-19 telah menggunakan salah satu hotel dan resor di Lampung Selatan untuk menampung pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Sejak beberapa hari lalu sudah kita lakukan penambahan tempat isolasi, kali ini kita bekerja sama dengan Negeri Baru Resor dan hotel untuk melakukan isolasi bagi pelaku perjalanan," ucapnya.

Baca juga: Dinkes: Ada penambahan 69 kasus positif COVID-19 di Lampung

Baca juga: Lampung akan tambah tempat isolasi bagi pelaku perjalanan


Menurutnya, kerja sama dengan hotel tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi agar semua pemudik dapat segera diisolasi.

"Kita saat ini memeriksa bukan hanya warga asal Lampung namun seluruh masyarakat yang melintas dari Pulau Sumatera ataupun Pulau Jawa, jadi semua harus diisolasi di Lampung bila terkonfirmasi positif," katanya.

Ia mengatakan penambahan tempat isolasi akan terus dilakukan bila melihat adanya peningkatan kasus COVID-19 yang berasal dari pelaku perjalanan yang ingin menyeberang.

"Tentu kita upayakan terus, saat ini asrama haji Provinsi Lampung sudah bisa digunakan untuk isolasi setelah kita berkomunikasi dengan instansi terkait," ujarnya pula.

Dalam mengendalikan mobilitas masyarakat untuk mencegah persebaran kasus COVID-19 antarpulau, Lampung menyediakan tujuh pos penyekatan, yakni di area rehat (rest area) KM 172 B, KM 87 B, dan KM 20 B Jalan Tol Trans Sumatera.

Selanjutnya, di Pos Pelabuhan Bakauheni, Pos Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Pos Simpang Hatta, dan Pos Begadang IV.*

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Lampung bertambah 64 total jadi 17.188 kasus

Baca juga: Ruang isolasi bagi pelaku perjalanan positif COVID-19 di Lampung penuh

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar