BTKLPP: Varian COVID-19 B117 dari Inggris terdeteksi di Batam

id varian baru covid, covid-19 di batam, varian covid-19 di batam, perkembangan covid-19 di batam

BTKLPP: Varian COVID-19 B117 dari Inggris terdeteksi di Batam

Sosialisasi COVID-19 di Kota Batam, Provinsi Kepri. ANTARA/Yuniati Jannatun Naim.

Batam, Kepri (ANTARA) - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menyatakan varian baru COVID-19 B117 dari Inggris terdeteksi di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berdasarkan pemeriksaan Bapelitbangkes dari sampel warga setempat.

"Virus untuk strain sejenis yang ditemukan di Inggris juga ditemukan di Batam," kata Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Batam, Budi Santoso di Batam, Senin.

Ia mengatakan telah mendiskusikan temuan itu dengan Kementerian Kesehatan pada Ahad (23/5). Varian COVID-19 B117 memang relatif banyak ditemukan, dan salah satunya di Batam.

Varian COVID-19 baru itu, kata dia, ditemukan pada seorang warga Batam yang dirawat di RS Awal Bros Batam sejak 22 April 2021. BTKLPP menerima sampelnya pada 23 April 2021 dan mengirimnya ke Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan pada 29 April 2021.

Sedangkan pasien dinyatakan sembuh dan meninggalkan rumah sakit pada 28 April 2021.

"Bagaimana mekanisme penularannya nanti ditanyakan ke Dinas Kesehatan, termasuk bagaimana tindak lanjutnya. Karena pasiennya sudah pulang," katanya.

Ia mengatakan yang perlu ditelusuri adalah apakah sudah ada penularan varian bari itu di Batam, saat pasien masih terpapar virus.

Mengenai lambatnya hasil Balitbangkes, ia mengatakan karena proses pemeriksaan relatif rumit.

Sementara itu, untuk 130 sampel lainnya, dinyatakan virus SARS-CoV-2, atau COVID-19 yang memang sudah beredar di masyarakat.

BTKLPP Batam terus mengirimkan sampel ke Jakarta untuk mengetahui jenis varian COVID-19 yang terkandung dalam tubuh pasien di Batam.

Budi Santoso menyatakan pihaknya mengirimkan sampel dengan nilai CT di bawah 29.

"Ini sedang kami kumpulkan. Pada bulan ini, Mei kalau sudah mencukupi, 30 kami kirim," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi menyatakan masih mengumpulkan informasi mengenai adanya varian baru COVID-19 di daerah setempat.

Baca juga: Dinkes duga varian baru COVID-19 beredar di Batam

Baca juga: Pemprov Kepri benarkan satu kasus varian corona B1525 di Batam

Baca juga: Varian baru COVID-19 ditemukan di Batam Kepri

 

Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar