Dalam menjalankan tugas ini, kami selalu berkoordinasi dengan produsen pupuk, Kementerian Pertanian, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya
Jakarta (ANTARA) - PT Mega Eltra, anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), memperluas jaringan pemasaran produk non-subsidi atau pupuk komersial ke sejumlah wilayah di Sulawesi dalam upaya pengembangan bisnis dan menyukseskan Progrma Agro Solusi.

Kepala Wilayah Sulawesi PT Mega Eltra Heni Indrawati dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa, menjelaskan saat ini pihaknya mengembangkan pasar komersial ke wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

Heni optimistis pasar baru ini dapat berkembang, seperti Sulawesi Selatan, yang selama ini sudah menjadi wilayah pemasaran Mega Eltra. "Strategi ini menjadi dukungan perusahaan dalam mewujudkan komitmen Agro Solusi Pupuk Indonesia," ujar Heni.

Baca juga: Mega Eltra pasok potasium klorida Pupuk Kujang untuk bahan baku NPK

Mega Eltra cabang Makassar pada tahun 2021, lanjut dia, mendapatkan target penyaluran produk subsidi NPK formula khusus kakao sebanyak 2.000 ton.

Sementara itu sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional, pihaknya berkomitmen menyalurkan pupuk subsidi sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pada 2021 cabang Makassar memiliki tanggung jawab menyalurkan pupuk subsidi sebanyak 24.000 ton untuk urea dan sebanyak 40.000 ton pupuk ZA, SP-36, NPK Phonska, serta Petroganik.

"Dalam menjalankan tugas ini, kami selalu berkoordinasi dengan produsen pupuk, Kementerian Pertanian, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya," kata Heni.

Mega Eltra cabang Makassar telah berkontribusi menyalurkan pupuk bersubsidi di wilayah penugasannya sebesar 62.912 ton, sedangkan untuk perdagangan pupuk non-subsidi sebesar 1.275 ton sesuai target dari produsen.

Baca juga: Mega Eltra gandeng perusahaan laos untuk pembelian bahan baku pupuk

"Pada 2019 kita juga ditetapkan sebagai distributor pupuk non-subsidi terbaik di Sulawesi Selatan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur dengan pencapaian tonase penyaluran urea dan NPK tertinggi di Sulawesi Selatan," kata Heni.

SPM Penyehatan Cabang PT Mega Eltra A Subhana mengatakan pihaknya berkomitmen menyalurkan pupuk sesuai dengan e-RDKK yang ada di wilayah kerja.

"Penyaluran yang kami lakukan pun selalu sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," kata Subhana.

Pendistribusian pupuk subsidi dilaksanakan oleh cabang-cabang Mega Eltra yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Mega Eltra didukung dengan fasilitas gudang sebanyak 33 gudang dan 153 armada pengangkutan pupuk subsidi dari lini 3 sampai 4.

Baca juga: Anggota holding BUMN Pupuk, Mega Eltra turut salurkan pupuk bersubsidi

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021