Bukan berarti kita ini lambat mengerjakan, tapi memang pembangunan jalan tol di wilayah perkotaan tantangan jauh lebih banyak dan lebih besar
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi jalan tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 yang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 rampung pada tahun 2022.

"Sekarang ini kita akan rencanakan pembangunan jalan Tol Cinere-Jagorawi seksi 3 sepanjang 5,44 kilometer yang rencananya selesai pada tahun depan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam peletakan batu pertama pembangunan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Kukusan-Limo di Kukusan, Depok, Jumat.

Seksi 1 dan 2 Tol Cinere-Jagorawi sudah diresmikan masing-masing pada 2012 dan 2019, sehingga hampir 10 tahun dengan panjang hanya 14 kilometer.

"Bukan berarti kita ini lambat mengerjakan, tapi memang pembangunan jalan tol di wilayah perkotaan tantangan jauh lebih banyak dan lebih besar," kata Menteri PUPR.

Baca juga: Presiden Jokowi harap tambahan 2 ruas JORR pecahkan kemacetan Jakarta

Kalau pembebasan tanah sudah rampung, lanjut dia, maka pembangunan infrastrukturnya bisa jauh lebih cepat.

Menteri PUPR juga mengapresiasi langkah PT Trans Lingkar Kita Jaya yang mengerjakan konstruksi di tengah pandemi sehingga berarti membuka lapangan kerja.

Pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi telah dinantikan oleh masyarakat karena diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan JORR II. Terdiri atas 3 seksi, yaitu Jagorawi – Raya Bogor (Seksi 1), Raya Bogor – Kukusan (Seksi 2), dan Limo – Kukusan (Seksi 3), saat ini Jalan Tol Cijago telah beroperasi pada Seksi 1 dan Seksi 2. Adapun Seksi 3 masih dalam tahap pengadaan tanah.

Peletakan batu pertama pada Jumat (28/5) menandai pekerjaan konstruksi  Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3 akan segera dimulai. Pembangunannya diharapkan dapat selesai tepat waktu sehingga  Tol Cinere – Jagorawi dapat memenuhi target beroperasi secara keseluruhan pada tahun 2022.

Baca juga: Jasa Marga: Seksi 1 Tol Cinere-Serpong beroperasi kuartal II 2021

Baca juga: Pembangunan tol Cinere-Jagorawi Depok masuk seksi II




 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021