Jakarta (ANTARA) - Juara French Open dua kali, Petra Kvitova, selamat dari hadangan petenis kualifikasi asal Belgia, Greet Minnen, dalam babak pertama French Open setelah menyelamatkan matchpoint dalam perjalanan menang 6-7(3) 7-6(5) 6-1, Minggu waktu setempat.

Kvitova yang mencapai semifinal Roland Garros 2012 dan tahun lalu itu sempat kesulitan dengan servisnya pada awal pertandingan dan beberapa kali dipatahkan dalam dua gim pertama.

Unggulan kesebelas itu bangkit untuk berusaha merebut set pembuka lewat tiebreak di bawah kondisi agak berangin di lapangan Suzanne Lenglen tapi akhirnya kalah setelah tiga kali melakukan kesalahan ganda.

Petenis Ceko itu tertinggal 30-40 pada kedudukan 6-5 dalam set kedua sehingga terancam tersingkir pada babak pertama turnamen Roland Garros ini untuk pertama kalinya sejak 2010 namun akhirnya mengamankan matchpoint dengan backhand winner dan menyamakan kedudukan guna memaksakan tiebreak yang dimenangkannya.

Baca juga: Osaka terancam didiskualifikasi dari French Open

Kepercayaan dirinya seketika pulih pada set penentuan sampai sempat memimpin 5-0 sebelum merebut set ketiga ini dengan hanya kehilangan tiga poin dari servis.

"Saya senang bahwa pada akhirnya saya mengalahkan diri saya sendiri dan mengalahkan dia," kata Kvitova seperti dikutip Reuters.

Minnen yang berperingkat 125 dunia kalah pada dua pertemuan sebelumnya melawan Kvitova dalam straight set.

Dia tampil lebih tangguh dalam hampir keseluruhan laga ini namun meredup begitu Kvitova menemukan kelemahannya dan menyudutkan dia dengan forehand kerasnya.

"Saya mengawali servis agak lebih baik pada set kedua dan itu sangat penting," kata Kvitova.

Kvitova berikutnya akan menghadapi petenis Rusia Elena Vesnina yang menyingkirkan petenis Belarus Olga Govortsova 6-1 6-0.

Baca juga: Venus dan Coco Gauf berpasangan dalam ganda putri French Open
Baca juga: Dominic Thiem tersingkir pada babak pertama French Open
Baca juga: Carla Suarez Navarro berangkat ke Paris setelah sembuh dari kanker

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021