Jakarta (ANTARA) -
Universitas Pertahanan (Unhan) RI menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar Tetap dan memberikan gelar profesor kepada Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD, CIQnR, CIQaR, IPU, yang menjabat sebagai Rektor Unhan.
 
Pengukuhan Guru Besar Tetap kepada Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian itu dilakukan oleh Guru Besar Unhan RI Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, di Kampus Bela Negara Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis, seperti dikutip dalam siaran persnya.
 
Sidang Senat juga dihadiri Wamenhan RI Letjen TNI M Herindra, M.A., M.Sc., Sekjen Kemhan RI Donny Ermawan, M.D.S., Wakil Ketua Komisi I DPR RI Dr. Abdul Kharis Almasyhari, Ketua DAS BIN Letjen TNI (Purn) Dr. M Munir, para pejabat dari Kemhan RI, Kemendikbudristek RI, BIN, Mabes TNI, ketiga Mabes Angkatan, Polri, Bakamla RI, Basarnas, Wantannas, BNPT, BNN, dan PII.
 
Hadir pula beberapa guru besar dan rektor dari Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Trisakti, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Hang Tuah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Sekolah Tinggi Teknologi TNI Angkatan Laut dan Sekolah Tinggi Intelijen Negara serta pengamat pertahanan Susaningtyas Kertopati.
 
Prosesi senat berjalan dengan tertib dan khidmat sesuai protokol kesehatan COVID-19.
 
Pengukuhan Laksdya TNI Prof Dr Amarulla Octavian sebagai Guru Besar Ilmu Pertahanan Bidang Sosiologi Keamanan pada Fakultas Keamanan Nasional berdasarkan Keputusan Mendikbudristek RI Nomor 30152/MPK.A/KP.05.01/ 2021 terhitung mulai tanggal 1 Mei 2021.
 
Judul Orasi Ilmiah yang disampaikan adalah "Masyarakat Maritim 5.0 dan Ancaman Keamanan Maritim Digital" membahas konstruksi masyarakat maritim masa depan dapat dilihat dengan munculnya embrio masyarakat maritim 5.0 dengan masifnya penggunaan teknologi digital, pemanfaatan Big Maritime Data dalam praktik-praktik keseharian di masyarakat
 
Perkembangan teknologi digital oleh industri maritim nasional yang memungkinkan pertumbuhan ekonomi melaju kencang, harus juga dibarengi dengan upaya perlindungan dan konservasi lingkungan laut, pengurangan polusi, termasuk memastikan laut Indonesia dapat terus menerus bertahan untuk menyediakan sumber makanan bagi generasi mendatang.
 
Menhan RI Prabowo Subianto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Dewan Guru Besar Unhan RI Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, berpesan agar Prof Dr Amarulla Octavian untuk menyusun dan melaksanakan berbagai inovasi dan kreatifitas dalam rangka pencapaian semua tugas dan misi Unhan RI ke depan dan benar-benar menjadi "Center of Excellence on Military Intellectual and Defense Science".
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021