Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional mengadakan tahap seleksi Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten/kota (KSNK) yang diselenggarakan secara daring pada 2 Juni hingga 4 Juni.

KSN-K adalah kompetisi di bidang sains bagi pelajar jenjang SMA/MA yang merupakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik untuk melaju ke tingkat nasional.

"Ada sembilan bidang yang akan dilombakan dalam KSN 2021, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Kompetisi yang dua tahun sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) diselenggarakan secara serentak di 34 provinsi di Indonesia dan 15 Sekolah Indonesia luar Negeri (SILN), pada pukul 08.00 waktu setempat.

Baca juga: Kemendikbud jaring bibit unggul bidang sains melalui KSN

Baca juga: Mensos dukung anak peserta PKH maju di lomba sains internasional


Sebanyak 15 SILN tersebut adalah SILN yang berlokasi di Bangkok, Beograd, Cairo, Davao, Den Haag, Jeddah, Mekkah, Riyadh, Johor Baru, Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Moscow, Singapura, Tokyo dan Yangoon.

Pada 2 Juni 2021 akan dilaksanakan sinkronisasi data terlebih dahulu, kemudian pada 3 Juni hingga 4 Juni akan dilakukan tes untuk lima bidang lomba, yakni matematika, fisika, kimia, informatika dan biologi.
 
Selanjutnya, pada 4 Juni akan diselenggarakan seleksi untuk empat bidang lomba, yakni astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi. Pelaksanaan KSN-K dilaksanakan di satuan pendidikan masing-masing guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Untuk Sobat Prestasi, tetap penuh integritas sebagai tanda generasi yang semangat, semangat menolak menyerah, dan terus semangat meraih prestasi. Sukses untuk peserta KSN-K seluruh Kabupaten/Kota dari Sabang sampai Merauke. Sampai ketemu di KSN tingkat provinsi mendatang,” kata Asep.

Asep juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan KSN-K 2021.Total pendaftar KSN-K 2021 sebanyak 151.137 peserta dari 8.639 sekolah.

Peserta lomba matematika sebanyak 19.508 peserta, fisika 17.741 peserta, kimia 18.372 peserta, informatika 13.781 peserta, biologi 19.466 peserta, astronomi 12.880 peserta, kebumian 13.890 peserta, ekonomi 17.813 peserta, serta geografi 17.686 peserta.*

Baca juga: Lomba karya ilmiah diharapkan Menristek lahirkan peneliti unggul

Baca juga: Putra Bupati Serang raih emas pada kompetisi sains di India


Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021