Pekanbaru (ANTARA) - Ketua TP PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar mengajak para orang tua di daerah itu untuk segera memanfaatkan Pelayanan Digital Pusat Pembelajaran Keluarga (PADI PUSPAGA), untuk mencari solusi dalam mendampingi anak belajar di era pandemi.

"PADI PUSPAGA, program yang mengedukasi orang tua ini tayang perdana secara langsung di media Sosial instagram @puspaga.riau pada, Sabtu (5/6) dengan tema manajemen emosi orang tua," kata Misnarni Syamsuar kepada media di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, keberadaan PADI PUSPAGA, sekaligus menjadi jawaban bagi orang tua dan keluarga yang selama ini belum mempunyai tempat bertanya yang tepat, sedangkan bila keluar rumah ada rasa cemas tertular COVID-19 di keramaian.

Baca juga: Satgas COVID-19 Riau dorong manajemen bank ketatkan prokes

Karena itu, katanya, ia turut mendukung layanan masyarakat berbasis digital itu, sebab bermanfaat memberikan edukasi kepada keluarga, apalagi diberi inovasi-inovasi.

"Mengurangi tingkat kekerasan pada anak yang meningkat selama pandemi, tentunya melalui berbagai tema yang menarik," katanya.

Ia menekankan layanan digital ini dibutuhkan sekaligus mendukung program Gubernur Riau dalam mencanangkan Riau Digital di era pandemi COVID-19. Riau Digital ini diharapkan dapat melahirkan berbagai program layanan pemerintah berbasis web dan meminimalisasi tatap muka saat pelayanan dan memutus mata rantai COVID-19.

Ia menjelaskan sebagian anak-anak di Indonesia dan Riau khususnya kini menghadapi ancaman ganda selama pandemi COVID-19, bahkan data menunjukkan kekerasan terhadap anak yang dilakukan orang-orang terdekat terus meningkat selama di rumah.

Baca juga: Perlu ada deteksi dini gangguan psikologis saat PTM terbatas

Baca juga: Masyarakat di Kudus dilarang gelar hajatan saat pandemi


"Selain COVID-19, kekerasan pun juga menyerang kesehatan mental anak-anak selama pandemi berlangsung dan tindak kekerasan cenderung muncul di lingkungan keluarga  yang disebabkan orang tua tidak dapat menahan emosi, banyak orang tua yang kewalahan membagi waktu antara pekerjaan kantor, pekerjaan rumah dan ditambah mendampingi anak saat belajar daring," katanya.

Karena itu, katanya, layanan digital PADI PUSPAGA tersebut menjadi salah satu solusinya mengatasi orang tua emosi terhadap anak.

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021