Argentina pastikan ikut Copa America meski dilanda pandemi

id copa america,sepakbola,covid19,corona

Argentina pastikan ikut Copa America meski dilanda pandemi

Arsip - Pemain Argentina Sergio Aguero (kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya Lionel Messi setelah mencetak gol ke gawang Cile dalam pertandingan perebutan tempat ketiga turnamen sepak bola Copa America di Corinthians Arena di Sao Paulo, Brazil, 6 Juli 2019. AFP/NELSON ALMEIDA

Jakarta (ANTARA) - Argentina telah mengonfirmasi keikutsertaan mereka dalam Copa America yang akan digelar di negara tetangga Brazil meskipun ada kekhawatiran terkait pandemi virus corona.

Argentina awalnya ditunjuk menjadi tuan rumah Copa America bersama Kolombia, namun sepekan yang lalu badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL memutuskan untuk memindahkan penyelenggaraan turnamen tersebut ke Brazil.

“Partisipasi Argentina di Copa America sebagaimana tercermin dari sportifitasnya sepanjang sejarah," kata Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP, Senin.

AFA merilis pernyataan itu menyusul desas-desus yang menyebut bahwa Argentina akan menarik diri dari Copa America karena situasi pandemi virus corona yang mengerikan di Brazil.

Baca juga: CONMEBOL cabut hak tuan rumah Argentina untuk Copa America 2021
Baca juga: CONMEBOL pindahkan Copa America 2021 ke Brasil dari Argentina

Diketahui, lebih dari 470.000 orang meninggal dunia karena COVID-19, dan 17 juta, dari total 212 juta populasi, telah terinfeksi virus tersebut.

Sementara itu, Argentina saat ini juga diguncang oleh pandemi COVID-19 setelah mencatat lebih dari 80.000 kematian dan hampir empat juta kasus infeksi dari total 45 juta populasi.

Lebih lanjut, AFA menyatakan akan menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk menjamin perawatan khusus sebagai upaya memenuhi protokol kesehatan selama berlangsungnya Copa America.

Meski demikian, beberapa pemain dan pelatih yang akan ambil bagian dalam ajang tersebut mempertanyakan kelangsungan Copa America tahun ini.

“Copa America tahun ini mengkhawatirkan. Brazil bukan tempat terbaik,“ kata pelatih Argentina Lionel Scaloni pada Rabu lalu.

Baca juga: Bolsonaro klaim Brazil siap jadi tuan rumah Copa America 2021
Baca juga: Karena COVID, Komisi Senat Brazil yakini Copa America harus ditunda

Selain itu, pelatih Chile asal Uruguay Martin Lasarte menambahkan keputusan untuk tetap menggelar Copa America di Brazil memiliki risiko yang sangat besar.

Tim Argentina dijadwalkan bertolak ke Kolombia pada Minggu (6/6) untuk menjalani babak kualifikasi Piala Dunia.

Sebelumnya, mereka bermain imbang 1-1 di kandang melawan Chile pada Kamis dan akan bermain melawan Kolombia pada Selasa di Barranquilla, yang awalnya direncanakan sebagai lokasi penyelenggaraan laga final Copa America.

Argentina duduk di urutan kedua dalam tabel kualifikasi tunggal Amerika Selatan, empat poin di belakang pemuncak Brazil.

Bintang Lionel Messi dan Sergio Aguero juga dijadwalkan akan melakukan perjalanan bersama dengan skuad, tetapi kiper Franco Armani tidak ikut dalam rombongan tersebut karena masih mengidap COVID-19.

Copa America akan dimulai pada Minggu, dengan tuan rumah Brazil dijadwalkan menghadapi Venezuela di Brasilia.

Kemudian laga pertama Argentina melawan Chile akan digelar keesokan harinya di Rio de Janeiro.

Baca juga: James Rodriguez absen bela Kolombia dalam Copa America 2021
Baca juga: Alami kerusuhan sipil, Kolombia batal jadi tuan rumah Copa America
Baca juga: Jelang Copa America, atlet akan disuntik vaksin Sinovac


Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar