Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng turun 130,82 poin atau 0,45 persen ke level 28.787,28. Indeks Hang Seng China Enterprises (HSCE) turun 0,53 persen menjadi 10.748,2.
Jakarta (ANTARA) - Saham Hong Kong merosot pada hari Senin, dengan kenaikan harga saham-saham perusahaan konsumen diimbangi oleh penurunan harga saham-saham perusahaan keuangan dan TI, karena investor bereaksi terhadap data perdagangan China yang beragam.

Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng turun 130,82 poin atau 0,45 persen ke level 28.787,28. Indeks Hang Seng China Enterprises (HSCE) turun 0,53 persen menjadi 10.748,2.

Sub-indeks dari Hang Seng tracking staples konsumen naik 1,2 persen, sektor IT turun 0,92 persen, sementara sektor keuangan berakhir 0,44 persen lebih rendah.

Baca juga: Saham Hong Kong akhir pekan ditutup jatuh, dipicu kekhawatiran inflasi

Yang naik teratas di Hang Seng adalah WH Group Ltd , yang naik 7,71 persen, sedangkan pecundang terbesar adalah Geely Automobile Holdings Ltd, yang turun 5,17 persen.

Impor China tumbuh pada laju tercepatnya dalam 10 tahun di bulan Mei, didorong oleh lonjakan harga komoditas, sementara pertumbuhan ekspor meleset dari ekspektasi, kemungkinan terbebani oleh gangguan yang disebabkan oleh kasus COVID-19 di pelabuhan-pelabuhan utama di selatan negara itu.

Saham terkait kelahiran dan kesuburan juga turun, setelah Moody's mengatakan kebijakan baru China yang mengizinkan pasangan untuk memiliki hingga tiga anak tidak mungkin secara dramatis mengubah angka kelahiran nasional.

Baca juga: Saham China berakhir variarif, investor respons data perdagangan baru

Ini saat yang tepat untuk membeli perusahaan internet yang terdaftar di Hong Kong, yang belum memulihkan kerugian mereka di tengah kekhawatiran anti-trust, karena perusahaan-perusahaan tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang solid, analis di Ping An Securities mencatat dalam sebuah laporan.

Indeks teknologi Hang Seng turun 0,7 persen pada hari Senin, masih turun 27 persen dari rekor tertinggi yang dicapai pada pertengahan Februari.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang melemah 0,03 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 0,27 persen.

Yuan dikutip pada 6,3947 per dolar AS pada 08:20 GMT, hampir sama dengan dengan pada penutupan sebelumnya di 6,395.

Pada penutupan, saham-A China diperdagangkan dengan premium 38,25 persen di atas saham-H yang terdaftar di Hong Kong.
 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021