Mukomuko terima penambahan 3.700 dosis vaksin Sinovac

id Mukomuko

Mukomuko terima penambahan 3.700 dosis vaksin Sinovac

Gudang penyimpanan vaksin COVID-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko.(Foto Dok.Antarabengkulu.com)

Mukomuko (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyatakan daerah ini menerima penambahan sebanyak 3.700 dosis vaksin Sinovac untuk sebanyak 1.850 orang warga lanjut usia (lansia), petugas pelayanan publik termasuk masyarakat umum di daerah ini.

“Sebanyak 3.700 dosis vaksin Sinovac untuk sebanyak 1.850 orang ini sudah ada di Dinas Kesehatan setempat, selanjutnya ribuan dosis vaksin ini akan kita distribusikan ke 17 puskesmas di daerah ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Baca juga: Vaksinasi nakes di Mukomuko capai 982 orang

Bustam Bustomo, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko ini mengatakan pendistribusian vaksin ke semua puskesmas di daerah ini agar petugas fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) ini melakukan vaksinasi ke lansia dan petugas pelayanan publik.

Sebanyak ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut untuk warga lansia di daerah ini, termasuk petugas pelayanan publik dan warga masyarakat secara umum yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini.

Baca juga: 365 orang di Mukomuko batal divaksin COVID-19

“Vaksin Sinovac ini bisa digunakan untuk warga masyarakat umum di daerah ini, tetapi jumlah vaksin Sinovac ini masih terbatas sehingga tidak semua warga yang mendapatkan vaksin ini,” ujarnya pula.

Sebelum ribuan dosis vaksin Sinovac didistribusikan ke seluruh puskesmas di daerah ini, ia mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan memanggil semua puskesmas guna menjelaskan teknis, target dan siapa saja yang menjadi sasaran vaksinasi.

Baca juga: Dinkes sebut 479 nakes di Mukomuko divaksin COVID-19

Sementara itu, jumlah warga setempat yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis I sejak beberapa hari terakhir mencapai 2.838 orang.

Sebanyak 2.838 orang warga yang telah menerima vaksinasi dosis pertama tersebut terdiri atas 1.236 tenaga kesehatan, 1.516 petugas pelayanan publik, dan 86 warga lanjut usia.

Ia menyebutkan 1.516 petugas pelayanan publik yang telah menjalani vaksinasi terdiri atas personel Kodim, Polres, Brimob, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, KPPN, Pengadilan Agama, wartawan, BPJS, pegawai pemerintah, BRI dan aparatur sipil negara (ASN) pemerintah setempat.

Sedangkan sebanyak 2.221 orang yang telah menerima penyuntikan vaksinasi COVID-19 secara lengkap, yakni dosis I dan dosis II yang terdiri dari sebanyak 1.100 tenaga kesehatan, 1.043 petugas pelayanan publik dan 78 orang warga lanjut usia.

Baca juga: Usai divaksin COVID-19, nakes di Mukomuko-Bengkulu sempat pingsan

 

Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar