Jakarta (ANTARA) - Donovan Mitchell menindaklanjuti penampilan menawannya pada gim pertama lewat performa 37 poinnya Kamis malam waktu setempat di Salt Lake City untuk memimpin Utah Jazz menang 117-111 sehingga kini unggul 2-0 atas Los Angeles Clippers dalam semifinal Wilayah Barat.

Mitchell membukukan 27 poin pada paruh pertama sehingga membantu Utah membangun momentum sejak awal dan lalu memasukkan lemparan menentukan pada momen menentukan guna membawa Jazz mencatat kemenangan keenam berturut-turut selama playoff.

Jordan Clarkson menyumbangkan 24 poin untuk Jazz. Clarkson dan Mitchell masing-masing menjaringkan enam lemparan tiga angka ketika Utah menyamai rekor playoffnya dalam lemparan tiga dengan 20 lemparan dalam satu laga pada pertandingan di mana tim ini mencatat efektivitas lemparan 51,3 persen.

Joe Ingles maju sebagai starter menggantikan point guard All-Star Mike Conley yang absen dalam dua laga berturut-turut karena masalah hamstring kanan. Ingles mengemas 19 poin termasuk dari empat lemparan tiga angka, sedangkan starter Bojan Bogdanovic menambahkan 16 poin termasuk dari tiga lemparan tiga angka.

Baca juga: Jazz atasi awal buruk untuk ungguli sementara Clippers 1-0
Baca juga: Rudy Gobert dinobatkan sebagai Pemain Defensif Terbaik NBA Tahun Ini


Center Jazz Rudy Gobert yang mendapatkan anugerah Pemain Bertahan Terbaik NBA tahun ini untuk ketiga kalinya sebelum laga ini mulai, menunjukkan diri memang pantas disematkan gelar itu karena permainan defensifnya yang solid. Gobert finis dengan 13 poin, 20 rebound, tiga blok dan satu steal.

Reggie Jackson menghujani basket Jazz dengan 29 poin, sedangkan Paul George membuat 27 poin, tetapi tetap tak bisa mengeluarkan Clippers dari kekalahan setelah bangkit usai tertinggal 21 poin pada paruh kedua untuk sempat memimpin pada kuarter keempat.

Kawhi Leonard mempersembahkan 21 poin untuk Clippers yang dalam dua playoff berturut-turut harus terlebih dahulu tertinggal 0-2. Namun Clippers berkesempatan membalas pada gim ketiga yang akan dimainkan Sabtu malam di Staples Center.

Kuarter ketiga berlangsung sengit. Jazz melesat sampai kedudukan 76-55 sebelum disusul sampai berselisih empat poin pada kuarter itu ketika Jackson dan George memanas setelah Utah merajalela. Clippers membuat pertahanan yang rapat untuk mementahkan lemparan-lemparan Jazz.

Baca juga: Jazz lolos ke semifinal Wilayah Barat usai tekuk Grizzlies 126-110
Baca juga: Clippers akhirnya ke semifinal Wilayah Barat usai rampas gim terakhir


Setelah Utah memimpin dalam selisih besar, Clippers membalas dengan melesat 12-0. Clarkson berturut-turut memasukkan lemparan tiga angka untuk membantu Utah memperlambat momentum Clippers dan Jazz pun memimpin dalam selisih tujuh poin saat masuk kuarter keempat.

Clippers melanjutkan kebangkitannya pada periode terakhir ini ketika Leonard mencuri bola untuk kemudian dia masukkan ke keranjang Jazz. Jackson kemudian menceploskan lemparan tiga angka ketika Los Angeles untuk pertama kalinya dalam gim ini memimpin pada kedudukan 101-99.

Utah meminta timeout dan setelah itu seketika unggul kembali pada kedudukan 104-101 berkat lemparan Ingles dan satu lemparan tiga angka dari Bogdanovic.

Jazz kian menjauh pada posisi 113-103 dalam tiga menit terakhir setelah mendapatkan sumbangan tiga angka dari Gobert, dan tiga angka lainnya dari Royce O'Neale dan Ingles.

Seperti pada Game 1, Clippers bangkit lewat dunk Jackson dan tiga poin dari George. Namun Mitchell membalas lewat drive dan sebuah lemparan bebas guna memastikan kemenangan Utah, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Jrue Holiday antar Bucks ubah kedudukan 1-2 lawan Nets
Baca juga: Suns ungguli Nuggets 2-0 dalam semifinal Wilayah Barat
Baca juga: 40 poin Embiid bantu Sixers samakan kedudukan 1-1 lawan Hawks

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021