Sentra Kreasi Atensi bantu penyandang disabilitas berwirausaha

id sentra kreasi atensi,penyandang disabilitas,bantuan sosial

Sentra Kreasi Atensi bantu penyandang disabilitas berwirausaha

Menteri Sosial Tri Rismaharini menandatangani sepatu buatan Sentra Kreasi Atensi (SKA) di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Mental Ciung Wanara Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/6/2021). (ANTARA/HO Kemensos RI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini meresmikan Sentra Kreasi Atensi (SKA) di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Mental Ciung Wanara Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk mendukung peningkatan kemampuan penyandang disabilitas berwirausaha.

"Kemensos mengembangkan SKA untuk meningkatkan kewirausahaan dan vokasional, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial penerima manfaat. Dengan begitu, para penyandang disabilitas pun punya kesempatan sama," kata Risma sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Sabtu.

Kementerian Sosial antara lain bertugas memberikan pelayanan rehabilitasi sosial kepada pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS). 

Pelayanan rehabilitasi sosial yang diberikan meliputi terapi, konseling, bimbingan sosial psikologis, dan pelatihan vokasional.

Melalui berbagai unit pelayanan teknis dan balai-balai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Kementerian Sosial mendukung PPKS berusaha mencapai kemandirian ekonomi dengan memberikan pembinaan kewirausahaan.

Dukungan pembinaan keterampilan kewirausahaan antara lain dilakukan melalui SKA. SKA sudah berjalan di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, dan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual "Kartini" Temanggung.

Baca juga:
Mensos resmikan Sentra Kreasi Atensi disabilitas di Temanggung
Wapres minta pemda kembangkan Sentra Kreasi Atensi

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar