Jakarta (ANTARA) - Devin Booker mencetak 28 poin dan Chris Paul 27 poin ketika tim tamu Phoenix Suns membungkam Denver Nuggets 116-102, Jumat malam waktu setempat atau Sabtu WIB, untuk memimpin 3-0 sehingga tinggal satu gim lagi menuju final Wilayah Barat.

Deandre Ayton menyumbangkan 10 poin dan 15 rebound, sedangkan Jae Crowder mengemas 14 poin dan Mikal Bridges mempersembahkan 11 poin untuk Phoenix yang di ambang menyapu semifinal berformat best-of-seven di Wilayah Barat di Denver, Minggu waktu setempat atau Senin pekan depan di Indonesia. Paul juga membuat delapan assist.

Suns dengan demikian telah memenangkan enam laga playoff berturut-turut dan membutuhkan satu kali lagi bertanding untuk lolos ke final Wilayah Barat yang pertama kalinya mereka lakukan sejak musim 2009-2010 yang terakhir kalinya mereka masuk playoff sebelum playoff tahun ini.

Baca juga: Suns ungguli Nuggets 2-0 dalam semifinal Wilayah Barat

Nikola Jokic membukukan 32 poin, 20 rebound dan 10 assist untuk Nuggets pada malam dia dianugerahi penghargaan Most Valuable Player NBA. Monte Morris mencatat 21 poin, Michael Porter Jr mengkreasi 15 poin dan Will Barton menambahkan 14 poin untuk Denver.

Phoenix melompat dalam keunggulan 21-8 pada awal laga dan menutup kuarter pertama dengan 37-27. Suns tak pernah tersusul setelah tertinggal 2-3.
 
Pebasket Phoenix Suns Devin Booker mendribel bola melewati pemain Denver Nuggets Michael Porter Jr. pada kuarter kedua pertandingan playoff semifinal NBA Wilayah Barat di Ball Arena Denver, Colorado, Kamis (11/6/2021) (ANTARA/Getty Images via AFP/DUSTIN BRADFORD)


Denver merapat sampai kedudukan 40-36 pada kuarter kedua namun Torrey Craig menjaringkan sebuah lemparan tiga angka dan memasukkan sebuah layup saat mengawali Suns melesat 9-0 Suns yang membuat mereka unggul dalam selisih 13 poin.

Baca juga: Booker borong 47 poin saat Suns tendang Lakers dari playoff

Marjin menjadi 10 poin pada akhir kuarter kedua sebelum Nuggets mencetak enam poin terakhir paruh pertama untuk mendekat ke posisi 55-59.

Phoenix membuka kuarter pertama dengan lompatan 11-3 guna membuka kedudukan 70-58 berkat lemparan terbang dari Booker. Denver berusaha memangkas defisit namun dua lemparan bebas dan sebuah jumper yang dilepaskan Paul membuat Suns menjaga jarak 10 poin dari lawannya.

Setelah sebuah jumper pendek dari Jokic mengubah kedudukan menjadi 82-74, Cameron Payne dan Cameron Johnson berturut-turut memasukkan dua lemparan tiga angka yang membuat Suns memimpin 88-74 dan semakin menjauh 90-76 saat memasuki kuarter keempat.

Baca juga: Nikola Jokic bawa Nuggets lolos ke semifinal Wilayah Barat

Phoenix mengawali periode terakhir dengan mencetak enam poin pertama untuk merenggangkan lagi kedudukan dalam selisih 20 poin pada 10 menit 17 detik tersisa. Nuggets meminta timeout dan kemudian membalas dengan tujuh poin secara beruntun dan beberapa kali berkesempatan untuk kian mendekat sebelum Crowder memasukkan sebuah lemparan tiga angka.

Jokic terkena technical foul, Paul memasukkan lemparan bebas dan kemudian menjebloskan dua jumper untuk mengubah kedudukan menjadi 104-85. Paul memastikan hasil positif untuk Suns dengan sebuah lemparan tiga angka pada 2 menit 43 tersisa guna membawa Phoenix menjauh sampai 17 poin, demikian laporan Reuters.

Baca juga: 76ers balik memimpin 2-1 dalam semifinal Wilayah Timur
Baca juga: Donovan Mitchell pimpin Jazz menjauh 2-0 dari Clippers
Baca juga: Jrue Holiday antar Bucks ubah kedudukan 1-2 lawan Nets

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021