Tim SAR hentikan pencarian dua orang tenggelam di Danau Towuti

id Tim SAR , Danau Towuti, orang tenggelam, Luwu Timur

Tim SAR hentikan pencarian dua orang tenggelam di Danau Towuti

Tim SAR gabungan saat kembali ke tepi Danau Towuti, kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, usai melakukan pencarian dua warga setempat yang dilaporkan hilang tenggelam di danau itu sejak Minggu, 6 Juni 2021 lalu. ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari.

Kendari (ANTARA) - Tim SAR gabungan menghentikan pencarian dua orang yang dilaporkan hilang tenggelam sejak Minggu (6/6) di Danau Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Minggu, mengatakan pencarian korban telah dilakukan semaksimal mungkin dengan menyasar lokasi kejadian kecelakaan (LKK), namun hingga hari ketujuh operasi pencarian, korban tak kunjung ditemukan.

Baca juga: Tim SAR lakukan pencarian lima orang hilang di hutan Luwu Timur

"Operasi SAR telah memasuki hari ketujuh dengan hasil nihil dan tidak ada tanda-tanda ditemukan korban, maka operasi SAR gabungan dinyatakan ditutup," kata Aris.

Ia menyampaikan meskipun operasi SAR gabungan ditutup, masih akan dilanjutkan dengan pemantauan selama tiga hari ke depan.

Upaya pencarian melibatkan ratusan personel mulai petugas SAR dari Sorowako, Malili, Maleo, Kanigara, dan SAR Universitas Hasanuddin, tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, PMI Luwu Timur; Mori Diving Club; FES PT Vale, Polsek Towuti, Babinsa Towuti, dan Pos Angkatan Laut Luwu Timur.

Selain itu, dibantu Bataraguru Rescue and Response Indonesia, Tagana Luwu Timur, Damkar Towuti, Sapol PP Towuti, Opa Verbeck, Baznas Luwu Timur, Polres Luwu Timur, Pramuka Luwu Timur, Pemuda Pancasila, Orari Lokal Towuti, dan warga setempat.

"Armada yang kami gunakan enam unit perahu karet dan 50 longboat (perahu panjang) milik nelayan setempat," ujar Aris.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari sebelumnya menerima laporan mengenai kecelakaan perahu di Danau Towuti pada Minggu (6/6) malam pukul 22.25 Wita dari Kepala Desa Loeha, Kabupaten Luwu Timur.

Baca juga: BMKG: Gempa 4,9 SR di Luwu Timur tidak menimbulkan tsunami

Baca juga: 60 peneliti internasional pelajari iklim global di Danau Towuti


Menurut laporan dari kepala desa yang bernama Salim, pada Minggu (6/6) pukul 19.00 Wita satu perahu yang membawa lima orang terbalik di Danau Towuti dan tiga dari lima penumpang perahu yang ditemukan.

Lima penumpang perahu nahas itu merupakan satu keluarga warga Desa Lioka, Kecamatan Towuti.

Menurut Aris, tiga dari penumpang perahu itu ditemukan selamat, yakni Herunisa (15), Andang (18), dan Parul (19). Petugas SAR gabungan masih mencari dua penumpang perahu yang lain, yakni Islahudin (69) dan Ishar (35).

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar