Tiga pilar dukung tercapainya target "Herd Immunity" pada Agustus

id Vaksin jakarta

Tiga pilar dukung tercapainya target "Herd Immunity" pada Agustus

Kegiatan vaksinasi warga berusia 18 tahun ke atas di GOR Makasar, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Selasa (15/6/2021). (ANTARA Anisyah Rahmawati)

Jakarta (ANTARA) - Tiga pilar TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta mendukung target kekebalan kelompok (herd immunity) di seluruh Ibu Kota yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2021.

"Kami sekarang ini bersama-sama menjaring masyarakat untuk mengikuti vaksinasi di sentra-sentra yang tersedia," kata Kapolsek Makasar Jakarta Timur Kompol FT Hutagaol saat meninjau kegiatan vaksinasi di Gedung Olah Raga (GOR) Kampung Makasar, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa.
Antrean warga menunggu giliran mendapatkan vaksinasi di GOR Makasar, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Selasa (15/6/2021). (ANTARA Anisyah Rahmawati)


Lantas untuk menjaring masyarakat yang masih enggan untuk melaksanakan vaksinasi telah meminta pengurus RT/ RW dan dasawisma untuk ikut membantu mengimbau dan memberikan pemahaman mengenai manfaat vaksin COVID-19, jelas Hutagaol.

"Kita berikan imbauan kalau vaksinasi COVID-19 bisa memperkuat imun tubuh dan pada akhirnya membentuk kekebalan kelompok," kata Hutagaol.

Baca juga: Kecamatan Pancoran perluas sentra vaksinasi

Pelaksanaan vaksin di GOR Makasar diadakan pada 8-30 Juni yang dilaksanakan setiap Senin-Jumat sedangkan untuk Sabtu-Minggu dilaksanakan di Rumah Sakit Asrama Haji.

Vaksin pada tahap satu ini masih menggunakan AstraZeneca dengan sasaran 100 orang per hari.

Vaksin ini terbuka untuk masyarakat yang berdomisili di DKI Jakarta dengan menunjukkan NIK saat pendaftaran.

Hutagaol berharap dengan vaksin tersebut dapat segera memutus mata rantai penyebaran COVID-19, apalagi angka kasus positif di DKI Jakarta sedang melonjak naik setelah libur Lebaran.

Hutagaol juga memberikan imbauan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun meskipun sudah mengikuti vaksinasi secara penuh.

Baca juga: Vaksinasi untuk 18 tahun ke atas jadi hadiah sambut ultah DKI Jakarta

"Kami tetap akan monitor dan mengawasi aktivitas masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan," tutup Hutagaol.
 

Pewarta : Anisyah Rahmawati/ Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar