Humaniora kemarin, mulai Bandung Raya siaga 1 hingga arahan Presiden

id Covid-19,Ridwan Kamil,Jokowi

Humaniora kemarin, mulai Bandung Raya siaga 1 hingga arahan Presiden

Presiden Joko Widodo mendengarkan perbincangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim dalam sebuah diskusi mengenai Kampus Merdeka yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/6/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa (15/6) yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari wilayah Bandung Raya ditetapkan siaga 1 COVID-19 hingga arahan Presiden Joko Widodo kepada mahasiswa.

 

Berikut rangkuman berita humaniora kemarin,

 

1. Ridwan Kamil: Wilayah Bandung Raya siaga 1 COVID-19

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan wilayah Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang) saat ini berstatus siaga 1 COVID-19 karena masuk dalam kategori zona merah COVID-19.

 

"Banyak pengumuman penting di hari ini, yang pertama wilayah Bandung Raya kami nyatakan sedang siaga 1 COVID-19. Bukan Jawa Barat ya, wilayah Bandung Raya karena minggu ini dua wilayah besarnya zona merah, yaitu Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung," kata Kang Emil seusai Rapat Komite Percepatan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Makodam III/Siliwangi Kota Bandung, Selasa.

 

2. Kemenkes: 145 kasus varian ganas COVID-19 menyebar di Indonesia

 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi melaporkan terdapat 145 kasus variant of concern (VOC) yang diyakini menular lebih cepat hingga memperberat gejala COVID-19 saat ini menyebar di sejumlah daerah di Indonesia.

 

"Hingga 13 Juni 2021, dari total 1.989 sekuens yang diperiksa, telah dideteksi 145 sekuens VOC. Sebanyak 36 kasus B117, lima kasus B1351 dan 104 kasus B1617.2," katanya saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

 

3. Pemkot Medan: Tingkat hunian tempat tidur COVID-19 di atas 50 persen

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Sumatera Utara, menyebutkan Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat hunian tempat tidur rumah sakit akibat COVID-19 hingga kini masih di atas 50 persen di wilayah setempat.

 

"Kita tahu sampai hari ini BOR di Medan masih di atas 50 persen, dan kami terus berupaya agar BOR ini terus menurun," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika meresmikan fasilitas kesehatan khusus COVID-19 rumah sakit di Medan, Senin.

 

4. Ini syarat penggunaan vaksin Gotong Royong untuk program pemerintah

 

Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi COVID-19 dari PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto mengemukakan sejumlah syarat dan ketentuan bagi pemanfaatan jenis vaksin Gotong Royong untuk program vaksinasi yang digelar pemerintah.

 

"Pada Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) terbaru, dijelaskan bahwa Kemenkes mengizinkan penggunaan jenis vaksin COVID-19 yang sama antara program vaksinasi pemerintah dengan vaksinasi Gotong Royong," katanya saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

 

5. Presiden: Mahasiswa jangan hanya belajar di kampus

 

Presiden RI Joko Widodo meminta mahasiswa untuk tidak hanya belajar di kampus dengan dosen, melainkan juga belajar di dunia luar dengan industri, masyarakat, dan siapa saja.

 

Demikian disampaikan Presiden dalam acara Bincang Bersama Presiden dalam rangka Festival Kampus Merdeka 2021, yang dipandu oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim yang ditayangkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa.


Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar