Madrid (ANTARA News) - Mantan juara grand slam Arantxa Sanchez-Vicario dan Conchita Martinez memberikan dukungan mereka terhadap enam petenis putri Spanyol yang mengancam akan memboikot Piala Fed tahun depan, demikian laporan media setempat, Senin.

Enam petenis peringkat teratas Spanyol, termasuk Maria Jose Martinez Sanchez (peringkat 25) dan Anabel Medina Garrigues (53), pekan lalu menuduh federasi tenis nasional (RFET) tidak memberikan dukungan yang cukup bagi tenis putri itu, sebagaimana dikutip dari Reuters.

RFET membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka berinvestasi lebih banyak dalam tenis putri dibanding sebelumnya dan membuka dialog dengan para pemain serta mengusulkan peningkatkan.

Sanchez-Vicario, empat kali juara tunggal grand slam dan mantan peringkat satu dunia, serta juara Wimbledon 2004 Martinez mengeluarkan pernyataan bersama pada Senin dengan 51 pemain dan mantan petenis untuk mendukung keenamnya, kata media setempat.

Pernyataan tersebut menuduh adanya "ketidak-pedulian secara umum dari federasi kepada tenis putri pada tahun-tahun belakangan ini".

Tenis putri Spanyol tertinggal di belakang putra dan hanya ada empat pemain dalam 100 peringkat teratas WTA dan tidak ada yang lebih tinggi dari (peringkat) 25.

Tunggal putra peringkat satu dunia Rafa Nadal adalah satu di antara 13 petenis Spanyol yang berada dalam 100 peringkat teratas ATP, bersama Fernando Verdasco yang tertinggi berikutnya di urutan delapan, David Ferrer pada peringkat 11 dan Nicolas Almagro, 16.

Juru bicara RFET mengatakan, federasi belum menerima komunikasi dari Sanchez-Vicario, Martinez dan pemain lainnya dan federasi berdiri pada posisi yang ditetapkan dalam pernyataan yang dimuat laman mereka (www.rfet.es) pekan lalu.
(F005/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010