Jakarta (ANTARA) -
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut pentingnya sinergi empat pilar dalam menegakkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro untuk menangani pandemi COVID-19.
 
"Pelaksanaan PPKM mikro dilaksanakan oleh 4 pilar, yaitu kepala desa, kepala puskesmas, babinsa, dan Bhabinkamtibmas harus selalu bersinergi, berkoordinasi, dan berkomunikasi terkait perkembangan COVID-19 di wilayahnya," kata Panglima TNI saat Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Lanud Iswahjudi Madiun, Jawa Timur, Jumat.
 
Hadir dalam rapat itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, dan Bupati Madiun Ahmad Dawami.

Baca juga: Panglima TNI: Vaksinasi dan pengetatan PPKM mikro bisa tekan COVID-19
 
Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) ini menyampaikan arahan terkait optimalisasi PPKM mikro dalam penanganan pandemi COVID-19 di wilayah Madiun.
 
"Optimalkan PPKM skala mikro dan laksanakan 3 T (testing, tracing, dan treatment) agar mendapatkan data yang akurat serta kita dapat melakukan tindakan cepat apabila terjadi dinamika," katanya.
 
Selanjutnya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan agar dalam pelaksanaan PPKM mikro para petugas selalu mengingatkan dan menegakkan disiplin protokol kesehatan serta melaksanakan pemantauan dan melaporkan kasus aktif, pemantauan angka kesembuhan, pemantauan angka kematian, BOR (bed occupancy rate) ICU dan BOR isolasi serta fasilitas lainnya.

Baca juga: Panglima TNI: Tekan COVID-19 di Kudus dengan percepatan vaksinasi
 
"Harus dipahami oleh setiap petugas bahwa tugas Posko PPKM Mikro di antaranya pelacakan kontak erat, pengawasan ketat isolasi mandiri, menutup tempat umum, melarang kerumunan, membatasi keluar masuk RT/RW, dan pencatatan data," kata Marsekal Hadi.
 
Usai memimpin Rakor, Panglima TNI, Menkes, Kapolri, dan Kepala BNPB meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi Nasional kepada 1.600 peserta dengan 120 vaksinator bertempat di Bumi Taman Ngrowo Bening, Madiun.

Baca juga: TNI dan Polri dukung program 1 juta vaksin/hari
 
Panglima TNI menyampaikan bahwa serbuan vaksinasi nasional harus terus dilaksanakan dan digencarkan guna mempercepat pencapaian herd immunity sehingga program pemerintah ke depan dapat terwujud dengan cepat dan baik, menuju Indonesia sehat Bebas COVID-19.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021