Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Golkar MPR RI Idris Laena mengapresiasi hasil survei dan kajian LSI Denny JA terkait elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Terhadap hasil survei dan kajian dari LSI Denny JA tersebut pada dasarnya Golkar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang menaruh harapan terhadap Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto," kata Idris dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan hasil survei tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Airlangga yang diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

Menurut dia, Airlangga tetap fokus melaksanakan amanah untuk mengatasi pandemik COVID-19 di Indonesia dan memulihkan ekonomi nasional.

Baca juga: Azis Samual: Survei Capres 2024 LSI tambah optimisme Golkar

Baca juga: Hasil survei tempatkan 4 Menteri dengan elektabilitas tertinggi


"Serta memulihkan ekonomi nasional baik pada masa maupun pascapandemik COVID-19, sesuai dengan motto yang selalu didengungkan rakyat sehat-ekonomi kuat," ucap-nya.

Sebelumnya, LSI Denny JA merilis hasil survei nasional calon Presiden 2024 dan menyimpulkan untuk Pilpres 2024 belum ada satu pun calon Presiden yang kelas Premium.

Terminologi Kelas Premium menurut LSI Denny JA,Adalah Capres yang elektabilitasnya 25 Persen ke atas.

Namun, survei LSI Denny JA justru menemukan terdapat tiga orang "king/queen maker" yang akan menjadi penentu siapa yang berlaga dan masuk panggung Pilpres 2024. Ketiga "king/queen maker" tersebut adalah Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto.

LSI Denny JA menyebutkan Airlangga sebagai salah satu "king/queen maker" karena kursi Golkar di DPR adalah 85 kursi, artinya Golkar sudah mencapai 3/4 tiket. Golkar hanya butuh tambahan 30 kursi (1/4 tiket) untuk bisa mencalonkan capres/cawapres 2024.

Jika salah satu partai yang saat ini punya kursi DPR (kecuali PPP) ikut berkoalisi dengan Golkar maka sudah cukup memenuhi syarat pencalonan. Airlangga berpotensi menjadi capres maupun cawapres.

LSI Denny JA menyebutkan Airlangga adalah "king/queen maker" paling lengkap karena selain menjadi "king/queen maker", Menko Perekonomian tersebut masih berpotensi menjadi "king/queen" (capres), maupun wakil "king/queen" (cawapres).

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021