Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Italia dan Wales meloloskan diri dari Grup A Euro 2020 menuju ke babak 16 besar sementara Swiss berpeluang menyusul kedua tim itu setelah finis di peringkat ketiga.

Sementara Turki, harus menjadi tim kedua yang angkat kaki dari Euro 2020 selepas menuntaskan tiga pertandingan tanpa raihan poin, menyusul tim debutan Makedonia Utara.

Italia yang muncul menjadi tim unggulan di bawah kepelatihan Roberto Mancini mampu menundukkan Turki 3-0 dalam laga pembukaan turnamen di Olimpico, Roma, pada 11 Juni.

Sehari sesudahnya, Wales berhasil meraih satu poin setelah Swiss lengah menjaga keunggulan mereka dan pertandingan berakhir imbang 1-1 di Baku, Azerbaijan.

Baca juga: Italia buktikan diri bakal terus bersinar selama Euro 2020
Baca juga: Bale puji determinasi Wales sambil keluhkan cuaca Baku


Awal positif Italia berlanjut ketika mereka menghadapi Swiss di Roma pada 16 Juni dan kembali membukukan kemenangan 3-0, diwarnai dwigol Manuel Locatelli serta gol kedua Ciro Immobile sepanjang turnaemn.

Hasil itu menyusul kemenangan yang dipetik Wales dengan skor 2-0 atas Turki di Baku dan praktis membuat Italia menjadi tim pertama yang memastikan langkah ke babak 16 besar.

Kepastian lolos ke babak 16 besar, membuat Mancini mengambil langkah rasional melakukan rotasi di laga pemungkas melawan Wales. Hal itu dibayar lunas oleh Matteo Pessina yang mencetak gol debutnya di Euro 2020, padahal ia masuk skuad belakangan menggantikan Stefano Sensi yang cedera.

Kartu merah Ethan Ampadu membuat Wales kesulitan mencari gol penyama kedudukan dan Italia menang 1-0 di Olimpico pada Minggu waktu setempat (Senin WIB), untuk mengunci posisi juara Grup A.

Baca juga: Kalah lawan Wales di hadapan Erdogan, bek Turki minta maaf
Baca juga: Mancini sebut Prancis, Portugal, dan Belgia lebih favorit juara


Kendati kalah, Wales tetap lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up, pasalnya mereka masih punya keunggulan selisih gol atas Swiss yang dalam laga lain "hanya" menang 3-1 atas Turki di Baku.

Swiss finis di urutan ketiga dengan raihan empat poin dan selisih gol defisit satu, tertinggal dari Wales yang punya empat poin dan selisih gol surplus satu.

Swiss masih berpeluang lolos ke babak 16 besar, jika mereka menjadi satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Karenanya, nasib tim besutan Vladimir Petkovic itu kini akan ditentukan hasil grup-grup lain.

Italia akan menghadapi runner-up Grup C di babak 16 besar, posisi yang diperebutkan Ukraina dan Austria. Sedangkan Wales bakal bertemu runner-up Grup B, yang masih mungkin ditempati oleh keempat tim di grup itu yakni Belgia, Rusia, Finlandia maupun Denmark.

Baca juga: Italia tundukkan Wales 1-0, tapi keduanya lolos 16 besar
Baca juga: Swiss bekap Turki 3-1, tapi hanya finis peringkat ketiga Grup A

Baca juga: Skenario perebutan sisa tiket 16 besar Euro 2020

Berikut hasil lengkap pertandingan Grup A:

Turki 0 - Italia 3 (Merih Demiral bd-53', Ciro Immobile 66', Lorenzo Insigne 79')
Wales 1 - Swiss 1 (Kiefer Moore 74'; Breel Embolo 49')
Turki 0 - Wales 2 (Aaron Ramsey 42', Connor Roberts 90+5')
Italia 3 - Swiss 0 (Manuel Locatelli 26', 52', Ciro Immobile 89')
Italia 1 - Wales 0 (Matteo Pessina 39')
Swiss 3 - Turki 1 (Haris Seferovic 6', Xherdan Shaqiri 26', 68'; Irfan Kahveci 62')

Klasemen akhir Grup A


Baca juga: Belanda tidak akan lakukan banyak perubahan lawan Makedonia Utara
Baca juga: Denmark siap sajikan penampilan magis demi kalahkan Rusia
Baca juga: Shevchenko tegaskan Ukraina tidak akan cari hasil imbang lawan Austria

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021