Pemkot Baubau usulkan Benteng Keraton Walio masuk nominasi API 2021

id keraton buton,benteng keraton wolio, baubau, API 2021

Pemkot Baubau usulkan Benteng Keraton  Walio masuk nominasi API 2021

Benteng keraton Wolio di Kota Baubau, dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia (API) 2021 oleh Pemkot setempat mengharapkan masuk dalam nominasi dalam ajang API tahun ini. Suasana benteng keraton dari sisi utara selatan. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia (API) 2021 mengajukan tiga potensi wisata di daerah itu, salah satunya Benteng Keraton Wolio, yang masuk sebagai nominator peraih API ke-6 untuk kategori destinasi situs sejarah.

"Sebelumnya, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau mengajukan tiga destinasi wisata pada API 2021, yakni Muara Lakalogou untuk kategori destinasi surga tersembunyi, Benteng Keraton Buton kategori destinasi situs sejarah serta Ikan Molo kategori makanan tradisional. Benteng Keraton Wolio yang masuk nominator untuk kategori destinasi situs sejarah," kata Kepala Dispar Baubau Ali Arham melalui WhatsApp yang diterima di Kendari, Jumat.

Baca juga: Menapak jalan Benteng Keraton Buton Baubau sebagai warisan dunia

Baca juga: Tukul Arwana Minta Benteng Keraton Buton Dilestarikan


Ia mengatakan ditetapkannya Benteng Keraton Wolio sebagai nominator API 2021, setelah melalui proses seleksi oleh panitia penyelenggara dari ribuan potensi wisata yang diusulkan berbagai daerah di seluruh Tanah Air.

"Jadi, kita bersaing ini hanya satu kategori dari tiga kategori yang kita usulkan. Kita masuk kategori 12, yakni kategori situs sejarah untuk Benteng Keraton Wolio," kata Ali Arham.

Ali mengatakan selanjutnya Benteng Keraton Buton akan bersaing dengan sembilan destinasi kategori situs sejarah lainnya yang juga masuk nominator, yakni Candi Ijo di Kabupaten Sleman, Istana Mini Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah, Megalitik Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, dan destinasi Megalitik Besemah Kota Pagaralam.

Selain itu, Museum Buya Hamka di Kabupaten Agam, Situs Gajah Mada Kabupaten Sabu Raijua, Taman Arkeologi Onrust Kabupaten Kepulauan Seribu, Taman Narmada Kota Mataram, dan Tundrumbaho Kabupaten Nias Selatan.

"Dari beberapa nominator itu, yang meraih dukungan terbanyak akan menjadi pemenangnya. Karena ini dipilih oleh masyarakat, baik melalui SMS, Instagram dan Youtobe," ungkapnya.

Ali Arham berharap dukungan dari masyarakat untuk mengantarkan Benteng Keraton Wolio meraih posisi pertama di ajang API 2021. Sebab, persaingan akan dilakukan dengan sistem pemungutan suara (voting) yang dimulai 1 Juli sampai 31 Oktober 2021.

Baca juga: Benteng Keraton Buton akan dibungkus kain tenun

Masyarakat, kata Ali, bisa memberikan dukungannya untuk Benteng Keraton Wolio melalui SMS dengan ketik API12A kirim ke 99386, atau bisa vote di instagram@ayojalanjalanindonesia serta melalui Youtube Channel APIaward.

API merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia, sekaligus mendorong peran serta berbagai pihak dalam mempromosikan pariwisata dan mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di tiap daerah.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar