Jadi tidak hanya aspek kinerja yang bisa diukur, kalau aspek diversifikasi semacam ini juga dijadikan salah satu ukuran untuk menilai kementerian dan lembaga negara serta perusahaan BUMN, saya melihat hal tersebut akan memiliki manfaat strategis
Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menilai program perekrutan putra-putri terbaik Papua oleh Kementerian BUMN memiliki manfaat strategis.

"Jadi tidak hanya aspek kinerja yang bisa diukur, kalau aspek diversifikasi semacam ini juga dijadikan salah satu ukuran untuk menilai kementerian dan lembaga negara serta perusahaan BUMN, saya melihat hal tersebut akan memiliki manfaat strategis," ujar Eko kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Menurut ekonom tersebut, program perekrutan putra-putri terbaik Papua oleh Kementerian BUMN tersebut merupakan salah satu bentuk proses untuk mengenalkan kebhinekaan di Kementerian BUMN.

"Program ini bagus di mana keragaman suku bangsa kita perlu dikolaborasikan di kementerian dan lembaga negara, khususnya di Kementerian BUMN," kata Eko.

Baca juga: FHCI BUMN telah rekrut 776 putra putri terbaik Papua

Baca juga: BUMN targetkan rekrut 1.000 putra-putri Papua dan Papua Barat


Sebelumnya Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Badan Usaha Milik Negara telah merekrut 776 putra putri terbaik Papua hingga 2021, yang ditempatkan di 55 BUMN atau terealisasi sebesar 77 persen dari target 1.000 orang.

Hal ini sejalan dengan kebijakan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk merekrut 1.000 putra dan putri terbaik Papua dan Papua Barat untuk ditempatkan di BUMN seluruh Indonesia yang disampaikan pada pertemuan dengan tokoh-tokoh Papua di Istana Negara Jakarta pada 10 September 2019.

Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : S-165/MBU/03/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal penunjukan FHCI sebagai Koordinator Merangkap Pelaksana Program Perekrutan Bersama BUMN Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Sebagai aset penting dan penggerak ekonomi bangsa, pemberian kesempatan oleh BUMN ini sangat strategis, karena semakin membuka peluang besar bagi mereka untuk berperan aktif dalam pembangunan di seluruh Indonesia terutama di tanah kelahirannya di tanah Papua.

Baca juga: BUMN Lokomotif Pemerataan Kesejahteraan dan Kesempatan bagi Putra-Putri Papua dan Penyandang Disabilitas

Baca juga: Perekrutan bersama BUMN, Pupuk Indonesia terima 12 putra-putri Papua

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021