Berasal dari tenaga medis TNI, Polri, dan rumah sakit swasta
Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, bersama dengan TNI dan Polri melakukan vaksinasi massal kepada masyarakat yang berlangsung mulai Jumat hingga Kamis (1/7) dengan menyasar 12.700 warga.

"Alhamdulillah saya bersyukur di tengah pandemi COVID-19 yang mengganas saat ini, ada sinergitas yang baik antara Pemda Kota Cirebon dengan TNI dan Polri untuk mempercepat proses vaksinasi," kata Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis di Cirebon, Jumat.

Azis berpesan kepada setiap RW di Kota Cirebon untuk memanfaatkan kesempatan vaksinasi massal ini, terutama untuk lansia yang belum mendapatkan vaksin, agar segera melaporkan ke gugus tugas yang ada di setiap kelurahan dan kecamatan.

Azis juga meminta dukungan semua elemen masyarakat untuk turut serta menyukseskan percepatan vaksinasi COVID-19. "Semua tidak akan berhasil tanpa dukungan dari masyarakat," tuturnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi menjelaskan vaksinasi massal COVID-19 yang diberi nama Serbuan Vaksinasi Serentak akan digelar mulai Jumat hingga Kamis (1/7) dan terpusat di hangar Batalyon Arhanud-14.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Kota Cirebon tertinggi ketiga di Jabar

Baca juga: Wagub Jabar tinjau vaksinasi di Ponpes Kempek Cirebon


"Semua tersedia 12.700 vaksin yang akan disuntikkan kepada masyarakat. Masing-masing terdiri dari 5.500 vaksin dari jalur Polres Cirebon Kota dan 7.200 vaksin dari jalur TNI," katanya.

Untuk menyukseskan vaksinasi tersebut sekitar 200 tenaga medis akan disiagakan setiap hari untuk melayani pemberian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

"Berasal dari tenaga medis TNI, Polri, dan rumah sakit swasta, serta tenaga medis Pemda Kota Cirebon," katanya.

Ia menambahkan proses vaksinasi COVID-19 dibagi menjadi dua tahap, pertama pada Jumat, Sabtu, dan Senin (25, 26 dan 28 Juni 2021) digelar untuk yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon sebanyak 8.000 orang.

Sedangkan tahap kedua digelar pada Selasa, Rabu, dan Kamis (29, 30 Juni dan 1 Juli 2021) untuk masyarakat umum Kota Cirebon usia 18 tahun ke atas dengan cara mendaftarkan diri secara daring melalui tautan https://vaksinasi.cirebonkota.go.id/ yang dapat diakses mulai hari Sabtu, 26 Juni 2021.

Baca juga: Seratusan jurnalis dan pekerja media di Cirebon divaksinasi COVID-19

Baca juga: Watimpres Agung Laksono tinjau vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021