Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Himmatul Aliyah memberikan bantuan sembako bagi Warga Negara Indonesia yang ada di Kuala Lumpur dan Selangor, Malaysia, terdampak COVID-19, yang disampaikan melalui Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) Partai Gerindra Negara Malaysia.

"Kami sejak 15 Juni 2021 sampai sekarang terus menyalurkan bahan sembako untuk diberikan kepada para WNI yang betul-betul membutuhkan bantuan karena dampak pandemik COVID-19," kata Ketua Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) Partai Gerindra Negara Malaysia Darsil Abdul Muis dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, amanah bantuan yang diberikan Himmatul Aliyah sebagai wujud kepedulian terhadap konstituen-nya yang ada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan juga di luar negeri.

Dia mengatakan bantuan yang diberikan Himmatul Aliyah akan dilaksanakan hingga 12 Juli 2021 dan proses penerimaan permohonan bantuan melalui media sosial hingga proses penyaluran juga dibantu ormas dan paguyuban yang bekerja siang-malam.

Abdul Muis meminta kepada para WNI yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah atau KBRI, harap bersabar karena pemohon terlalu banyak dan staf KBRI terbatas.

"Kami akan utamakan terlebih dahulu untuk anak-anak, lansia, dan orang sakit," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah fasilitasi pemulangan 145 PMI di Malaysia

Baca juga: Dua orang WNI meninggal karena COVID-19 di Malaysia


Dia menjelaskan, pemberian bantuan sembako tersebut tidak melihat perbedaan Suku, Ras, dan Agama, dan Antar-golongan. Karena itu menurut dia, setiap WNI yang betul-betul membutuhkan dan berhak, akan diberikan bantuan.

"Bantuan di salurkan pada WNI yang sakit atau lumpuh dan serta anak-anak dan lansia di daerah Kuala Lumpur dan Selangor," tutur-nya.

Menurut dia, WNI yang betul-betul membutuhkan bantuan sembako sudah didaftar melalui ormas dan paguyuban serta koordinator yang di percaya Kedubes Indonesia yang berada di Kuala Lumpur.

Menurut dia, dalam pemberian bantuan sembako tersebut, pihaknya tetap di bawah koordinasi Kedubes Indonesia di Malaysia dan mengikuti protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku di Malaysia.

Dia berharap bantuan dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan Luar Negeri Malaysia tersebut dapat meringankan beban hidup para WNI yang ada di negeri Jiran tersebut.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021