... Kami berkomitmen untuk terus memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional
Jakarta (ANTARA) - PT Jamkrindo berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta koperasi pada peringatan HUT ke-51 perseroan.

“Jamkrindo melangkah ke 50 tahun kedua, setelah tahun lalu berhasil melalui usia 50 tahun dengan pencapaian kinerja bisnis yang solid. Kami berkomitmen untuk terus memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional,” kata Direktur Utama Jamkrindo Putrama W Setyawan saat peringatan HUT ke-51 PT Jamkrindo di Jakarta, Kamis.

Putrama menyampaikan bahwa sejak 2020, PT Jamkrindo yang menjadi bagian dari holding Indonesia Financial Group (IFG) mendapat penugasan dari pemerintah untuk menjamin kredit modal kerja (KMK) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Hingga 29 Juni 2021, Jamkrindo sebagai perusahaan penjaminan kredit telah menjamin KMK dalam rangka PEN sebesar Rp17,3 triliun dengan total jumlah debitur sebanyak 1,054 juta debitur.

Sedangkan sebelum mendapat penugasan pemerintah untuk menjamin KMK dalam rangka PEN, Jamkrindo mendapat penugasan untuk menjamin Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Total volume penjaminan KUR dari 2007 hingga April 2021 mencapai Rp453,7 triliun. Adapun volume tahun kalender sampai dengan April 2021 Rp40,6 triliun, meningkat 43 persen dari periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp28,4 triliun.

Putrama menyampaikan perkembangan dinamika ekonomi nasional mendorong perusahaan untuk terus menerapkan bisnis dengan pengelolaan risiko yang prudent dengan tata kelola perusahaan yang baik dan penuh integritas melalui tiga pendekatan yakni product rationalization, cost efficiency, dan superior services.

”Selain fokus pada bisnis program dan tetap mengembangkan produk di luar penjaminan program, Jamkrindo juga terus meningkatkan kehadirannya di masyarakat melalui berbagai bantuan,” ujar Putrama.

Pada rangkaian kegiatan HUT ke-51, Jamkrindo memberikan berbagai bantuan untuk masyarakat dan UMKM.

Bantuan untuk masyarakat umum diberikan dalam berbagai bentuk, antara lain paket sembako, paket kesehatan, beasiswa untuk anak-anak berprestasi, bantuan untuk guru honorer, bantuan laptop, bantuan untuk penyandang disabilitas, mobil ambulans dan mobil siaga Kesehatan.

Selain juga melaksanakan workshop dan coaching clinic untuk UMKM serta media gathering dan lomba jurnalistik.

Baca juga: Rayakan HUT ke-51, PT Jamkrindo laksanakan tiga "program peduli"

Baca juga: Jamkrindo bagi tips agar UMKM bisa bertahan di tengah pandemi

Baca juga: Jamkrindo: Digitalisasi syarat pokok untuk berkembang di masa pandemi

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021