Jakarta (ANTARA) - Gelandang Swiss Denis Zakaria membuat gol bunuh diri yang mengantarkan Spanyol sementara memimpin 1-0 dalam babak pertama laga perempatfinal Euro 2020 di St Petersburg, Rusia, Jumat.

Swiss memberikan perlawanan terutama sekalipun kebobolan oleh gol bunuh diri itu, dan mampu mencegah Spanyol merajalela di lini pertahanannya.

Spanyol yang seperti biasa mendominasi penguasaan bola, kali ini mendapatkan perlawanan fanatik dari Swiss yang membuat La Roja melepaskan hanya empat percobaan gol yang dua di antaranya tepat sasaran.

Jumlah itu hanya satu lebih banyak dari yang diciptakan Swiss yang melepaskan tiga percobaan gol yang salah satunya tepat sasaran.

Baca juga: Toni Kroos pensiun dari timnas Jerman
Baca juga: Susunan pemain Swiss vs Spanyol


Enam menit setelah upaya Xherdan Shaqiri diblok oleh Pau Torres, Spanyol mendapatkan tendangan penjuru pada menit ke-8.

Koke menjadi penendang sepak pojok ini. Dia mengirimkan bola menyilang melewati sejumlah pemain yang berkerumun di depan gawang Swiss.

Bola kemudian menuju bek kiri Spanyol Jordi Alba yang dengan tendang first time-nya yang keras meneruskan bola langsung ke gawang Swiss. Zakaria berusaha membuang bola tapi malah masuk ke gawang sendiri dan sudah tak bisa dihalau kiper Yann Sommer yang sudah mati langkah.

Swiss berusaha membalas. Dan insiden terjadi ketika striker mereka Breel Embolo meringis kesakitan setelah berusaha mengejar bola di tepi kotak penalti belakang Spanyol.

Swiss akhirnya terpaksa menarik lebih dulu Embolo pada menit ke-23 untuk digantikan oleh Ruben Vargas.

Spanyol sendiri berusaha membobol lagi gawang Swiss namun kerap menemui benteng kokoh Swiss yang terutama digalang oleh penampilan cemerlang Manuel Elvedi yang nyaris mengawal ke mana pun striker Spanyol Alvaro Morata bergerak .

Baca juga: Preview perempat final Euro 2020: Belgia vs Italia
Baca juga: Hazard dan De Bruyne masih diragukan bisa tampil lawan Italia
Baca juga: Jordan Pickford menjawab semua tanda tanya




 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021