Jakarta (ANTARA) - Mobilitas penumpang TransJakarta dan MRT Jakarta cenderung landai pada Senin pagi, atau hari kerja pertama saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Namun, jumlah penumpang TransJakarta dan MRT terlihat sedikit lebih ramai saat jam kerja sekitar pukul 07.00-09.00 WIB.

"Agak sepi, tapi jika dibandingkan kemarin memang sedikit lebih ramai karena ada yang masuk kerja," kata Rizky, salah satu petugas di Halte TransJakarta Bank Indonesia, Jakarta, Senin.

Rizky mengatakan umumnya penumpang TransJakarta merupakan pegawai yang bekerja di sekitar Jalan Thamrin dan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Jam operasional TransJakarta juga mengalami perubahan dari pukul 05.00 WIB-22.00 WIB, menjadi sampai pukul 20 30 WIB.
Mobilitas penumpang TransJakarta dan MRT cenderung landai pada Senin pagi, atau hari kerja pertama saat penerapan PPKM Darurat di Halte Bank Indonesia, Jakarta, Senin (5/7/20210. ANTARA/Mentari Dwi Gayati/trs.

Senada dengan itu, penumpang MRT juga terlihat lebih ramai pada jam masuk kerja. Di luar jam tersebut, ruang tunggu sepi di Stasiun MRT Bundaran HI, hanya petugas tiket dan petugas jaga di pintu X-Ray yang bersiaga.

"Penumpang landai. Saat jam kerja tadi lumayan ramai, kemudian di atas jam 9 kembali sepi," kata Yulia, salah satu petugas tiket di Stasiun MRT Bundaran HI.

Dalam rangka penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali, penyesuaian waktu operasional MRT Jakarta menjadi pukul 06.00 WIB-20.30 WIB berlaku Senin hingga Minggu atau setiap hari

Operasional kereta MRT memiliki jarak antarkereta setiap 10 menit flat, dengan pembatasan jumlah pengguna maksimal 65 orang per kereta.

Baca juga: Pangdam Jaya geram karena banyak perusahaan tak patuhi PPKM Darurat
Baca juga: Pangdam dan Kapolda tinjau pos penyekatan PPKM Darurat di Lampiri
Baca juga: Lalu lintas Jalan Sudirman Jakarta normal hari ketiga PPKM Darurat

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021