Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 16 mobil vaksinasi keliling yang dapat menjangkau masyarakat di permukiman padat maupun komplek perumahan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji beserta jajaran hadir dalam uji coba vaksinasi keliling di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu.

"Sebanyak 16 mobil vaksinasi itu bekerja untuk menjemput masyarakat yang memiliki kendala saat mendatangi lokasi-lokasi vaksinasi yang sudah ada sekarang," kata Anies di lokasi vaksin keliling Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu.

Sebanyak 16 mobil vaksinasi keliling yang disiapkan berasal dari semua unsur, yakni  tiga dari Polda, tiga dari Kodam, dua dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lima  dari Pemprov DKI Jakarta serta tiga mobil dari PT Magetan Mediatama.

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Aprindo, Hippindo dan Kadin Indonesia mengerahkan tenaga kesehatan dan relawan yang membantu vaksinasi keliling.

Dengan adanya mobil vaksinasi keliling ini diharapkan target pemerintah untuk memberi suntikan kepada 7,5 juta warga DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021 dapat tercapai sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) di ibu kota dapat terbentuk.

Baca juga: Kejati DKI selidiki kelangkaan obat dan oksigen saat PPKM Darurat
Baca juga: 9.605 kendaraan diputar balik saat PPKM Darurat di Jakarta Timur

Anies menambahkan bahwa warga dapat mengajukan agar mobil vaksinasi keliling mendatangi perumahannya melalui aplikasi JAKI.

"Sifatnya mendatangi kampung-kampung dan komplek. Kalau mau mengajukan bisa kontak kepada DKI lewat aplikasi JAKI sehingga nanti bisa kita datangi," kata Anies.

Dalam pelaksanaan uji coba vaksinasi keliling ini, warga dan pedagang pasar terlihat antusias. Salah satu warga, Rifky (41) bahkan mengajak putranya untuk turut serta divaksin.

"Awalnya mau daftar ke kelurahan tapi dapat informasi ada vaksin di Pasar Senen, akhirnya ikut di sini, hanya bawa KTP dan Kartu Keluarga," kata Rifky, warga Kelurahan Bungur, Jakarta Pusat.

Baca juga: Kejati DKI bantu antar dan ambil tabung oksigen di RS

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021