Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), bagian dari PT Pupuk Indonesia Holding Company, berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menyediakan pendanaan bagi distributor (distributor financing) dalam pengadaan pupuk non subsidi.

"Sebagai bagian dari sektor yang cukup vital menyokong ketahanan pangan nasional terutama di tengah pandemi, kami menjawab kebutuhan distributor akan akses layanan keuangan yang mudah dan cepat dengan menggandeng BRI," kata Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman dalam pernyataan pers, dikutip Jumat.

Baca juga: Kunjungi Pupuk Kaltim, Wamentan: Stok pupuk aman untuk Musim Tanam II

Hadirnya fasilitas ini akan menjadi alternatif pembiayaan yang memudahkan pembelian pupuk non subsidi bagi distributor dan customer korporasi, serta menjamin ketersediaan pasokan pupuk bagi para petani yang merupakan end-user produk-produk pupuk PKT, katanya.

Kerja sama eksklusif antara PKT dengan BRI akan mempermudah para distributor terdaftar mendapatkan layanan keuangan ini sesegera mungkin karena adanya sistem terdigitalisasi yang dimiliki oleh kedua perusahaan.

Melalui skema kerja sama ini, para distributor dapat lebih leluasa mengembangkan usahanya. Mereka dapat memilih tenggat waktu pembayaran sesuai kenyamanan dan kemampuan, serta membantu menjaga cash flow keuangan mereka di tengah sulitnya situasi saat ini.

"Melalui program ini, distributor dapat membeli stok pupuk non subsidi yang dapat dibiayai terlebih dahulu oleh bank. Selanjutnya, bank akan menerbitkan jaminan pembayaran kepada PKT," kata Qomaruzzaman menambahkan.

Hadirnya program pendanaan bagi distributor ini juga merupakan upaya PKT dalam memperkuat kemampuan industri pupuk nasional, serta dalam menyediakan pasokan pupuk bagi sektor pertanian dan perkebunan yang menjadi bagian dari sektor kritikal di tengah pandemi.

PKT melihat kebutuhan pupuk nasional yang terus meningkat, sehingga pasokan wajib dipenuhi dengan mempermudah distributor dan pelanggan korporasi. Upaya ini guna menjamin ketersediaan pupuk bagi petani di seluruh wilayah tanggung jawab PKT.

Team Member BRI Muhammad Haeruddin memaparkan bahwa distributor financing merupakan opsi pembiayaan berjangka bagi distributor PKT berdasarkan pembelian produk yang sifatnya kontinu.

Fasilitas ini bersifat eksklusif bagi distributor PKT, yang bisa diakses secara waktu penuh 24 jam tujuh hari dan disediakan melalui daring tanpa harus repot mengurus pendanaan secara fisik.

Manfaat lain yang diperoleh distributor adalah pendanaan bisa tercakup oleh agunan tambahan yang tidak mengharuskan 100 persen dari plafon yang diajukan, sehingga dapat memberi keleluasaan mengakomodasi bisnis secara keseluruhan.

Kepastian plafon pun bersifat tetap selama 1 tahun dan tidak ada perubahan tanpa persetujuan distributor. Dengan fasilitas ini, distributor juga memiliki fleksibilitas pembayaran serta relaksasi khusus untuk suku bunga, dengan jangka waktu pelunasan invoice yang dapat diperpanjang guna memaksimalkan cashflow para distributor.

Baca juga: Pupuk Kaltim beri beasiswa 36 pelajar berprestasi di Bontang

Baca juga: Pupuk Kaltim bina petani Papua tingkatkan pasokan pangan

Baca juga: KSP dan Kemenperin dukung revitalisasi industri di Pupuk Kaltim

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021