Makara Art Center UI-Slank doa bersama kuatkan bangsa

id makara ui,makara ui art center,slank,doa lintas agama

Makara Art Center UI-Slank doa bersama kuatkan bangsa

Webinar Makara Art Center dan Slank. (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia (UI) bersama grup band Slank mengadakan doa bersama lintas iman dengan tema "Doa Bareng Slank & Slankers – Doa Lintas Iman untuk Indonesia Sehat" demi menguatkan bangsa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof Dr Abdul Haris, dalam keterangannya yang diterima di Depok, Sabtu, mengatakan kegiatan ini penting sebagai ikhtiar spiritual dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Kita harus mengokohkan hubungan dengan sesama manusia serta hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai insan beriman kita meyakini semua apa yang terjadi saat ini sudah menjadi ketetapan dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita harus menyempurnakan ikhtiar spiritual kita kepada Tuhan Yang Maha," ujarnya.

Baca juga: Ulama China doakan pandemi COVID di Indonesia segera berakhir

Doa bersama lintas iman ini merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan agar pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia segera berakhir. Kegiatan ini sekaligus sebagai peringatan Slankers Day 2021 yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube "Slank Tube" yang telah ditonton oleh 20.824 views dan Yotube "Makara Art Center".

Pada doa bersama tersebut turut hadir tokoh-tokoh keagamaan yang mewakili agama-agama yang ada di Indonesia, yaitu KH. Cholil Nafis, Pdt. Jimmy Sormin, Romo Ignatius Heri Wibowo, Astono dari agama Hindu, JS. Kristian, MA perwakilan Kong Hu Chu, Bhante Abhesino yang mewakili agama Budha, serta Naen Suryono yang mewakili para penghayat kepercayaan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri staf khusus Kementerian Agama Wibowo Prasetyo, para personel grup band Slank, seperti Abdee, Bimbim, Kaka, serta Ivanka.

Acara ini dipandu oleh Kepala Makara Art Center UI, Dr. Ngatawi Al-Zastrow. Acara tersebut diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Wibowo Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dapat segera berlalu dan kehidupan bangsa dapat kembali normal seperti semula.

Baca juga: Slankers Day dirayakan dengan doa bersama lintas iman

"Semoga bangsa Indonesia diselamatkan dari wabah/pagebluk ini dan masyarakat yang sakit segera sembuh dan kembali ke keluarga masing-masing," ujarnya.

Salah seorang personel Slank, Kaka menyatakan rasa bangga karena pada Slankers Day 2021, Slank masih bisa memberikan energi positif bagi Slankers dalam menghadapi pandemi. "Doa bersama ini juga sebagai momen persatuan bagi bangsa Indonesia agar dapat segera keluar dari pandemi ini," ujar Kaka.

Setelah doa bersama yang dilakukan secara bergantian oleh masing-masing perwakilan pemuka agama, kegiatan ditutup dengan penampilan Kaka yang membawakan lagu berjudul “Uni-Religi” yang dirilis oleh Slank pada 2014. Lagu ini menceritakan tentang pentingnya persatuan walaupun terdapat banyak perbedaan dalam berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Hadapi pandemi COVID-19, Surabaya gelar istighatsah bersama

Baca juga: Pandemi belum selesai, Kemenhub gelar doa bersama


Slank merupakan salah satu grup musik legendaris di Indonesia yang dibentuk pada tahun 1983, dengan beranggotakan Bimbim, Kaka, Abdee, Ridho, dan Ivanka yang sudah melahirkan berbagai karya musik beraliran rock seperti lagu "Virus", "Balikin", dan Generasi Biroe".

Lagu-lagu mereka dikenal tidak hanya menceritakan tentang lika-liku percintaan manusia, tapi juga membawa pesan perdamaian, antinarkoba, dan isu-isu sosial lainnya.

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar