Bantuan PSU kami salurkan untuk mendorong semangat para pengembang perumahan untuk lebih banyak membangun rumah bersubsidi untuk masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) senilai Rp2,77 miliar untuk sebanyak 495 unit rumah subsidi yang tersebar di lima kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Bantuan PSU kami salurkan untuk mendorong semangat para pengembang perumahan untuk lebih banyak membangun rumah bersubsidi untuk masyarakat," kata Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, Ditjen Perumahan terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi oleh pengembang melalui penyaluran bantuan PSU.

Khalawi menerangkan, penyaluran bantuan PSU diberikan bagi pengembang perumahan yang membangun rumah umum berupa rumah tunggal atau rumah deret yang bersifat stimulan di lokasi perumahan yang dibangun oleh pelaku pembangunan.

"Kami berharap melalui program PSU ini, capaian Program Sejuta Rumah tahun ini bisa lebih ditingkatkan lagi," ujarnya.

Ia mengemukakan, tujuan dari program bantuan PSU adalah untuk menstimulasi pembangunan rumah atau perumahan baru khususnya kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) oleh pelaku pembangunan atau pengembang.

Baca juga: PUPR salurkan Rp2,8 miliar bantuan PSU rumah subsidi di Aceh 2021
Baca juga: Kementerian PUPR sebut bantuan PSU bantu Program Sejuta Rumah


Dengan demikian, lanjut Khalawi, MBR yang membeli rumah bersubsidi juga akan menikmati hasil pembangunan yang berupa jalan lingkungan yang baik serta utilitas penunjang lainnya.

“Program ini juga sekaligus untuk mendukung pencapaian program sejuta rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015 lalu,” terangnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Zubaidi menyatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melaksanakan penandatanganan kontrak bantuan PSU dengan sejumlah pengembang perumahan yang membangun rumah bersubsidi untuk masyarakat di lima kabupaten/kota.

Ia memaparkan, lokasi Bantuan PSU tersebut tersebar di lima kabupaten/kota yakni di Pekanbaru, Kampar, Siak, Pelalawan dan Bengkalis. Bantuan PSU yang diberikan antara lain jalan lingkungan perumahan berupa lapis permukaan atas jalan dengan jenis perkerasan beton.

Beberapa perumahan yang mendapat Bantuan PSU rumah umum antara lain Perumahan Pondok Dahlia Indah, Perumahan Green Fazar Asri dan Perumahan Duta Mulia Indah. Selanjutnya adalah Perumahan Graha Echa, Perumahan Griya Alifa Mawaddah 2, Perumahan The Queen Primdona, Perumahan Grand Sirih Residence dan Perumahan Sinar Sentosa.

"Kami harap para pengembang atau penyedia jasa dapat melaksanakan kontrak dengan melaksanakan pembangunan bantuan PSU tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya," ucapnya.

Baca juga: Dukung ekonomi Sumbar, Kementerian PUPR terus bangun infrastruktur
Baca juga: Pemerintah siapkan Rusun ASN di Semarang jadi tempat isolasi COVID-19

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2021