Gubernur Kaltara dan istri sudah sembuh dari COVID-19

id Pemprov, covid

Gubernur Kaltara dan istri sudah sembuh dari COVID-19

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dan istrinya, Rahmawati Paliwang sudah sembuh dari COVID-19 dan dapat segera beraktivitas kembali setelah selesai menjalani isolasi mandiri.

"Insya Allah Senin besok (18/7) beliau sudah beraktivitas normal karena sudah sembuh," kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalimantan Utara Agust Suwandy dalam pesan singkat diterima di Tarakan, Minggu.

Baca juga: 591 warga pedalaman Kaltara positif COVID-19

Diungkapkannya bahwa hasil tes usap PCR Zainal yang keluar pada hari Sabtu (17/7) hasilnya negatif

Agust mengatakan bahwa seseorang untuk dinyatakan sembuh dari COVID-19 menggunakan pedoman di antaranya kalau tanpa gejala setelah 10 hari pengambilan spesimen akan dinyatakan sembuh.

Baca juga: Gubernur Kaltara positif COVID-19, kontak erat diminta periksa diri

Kemarin pengambilan sampel secara acak saja, sebenarnya tanpa PCR pun tetap akan dinyatakan sembuh karena Zainal beserta istri terpapar COVID-19 tanpa gejala.

"Selama isolasi Pak Gubernur dan ibu selalu dalam kondisi tidak ada gejala. Nanti surat sembuh secara resmi akan dikeluarkan oleh Dinkes Bulungan," kata Agust.

Baca juga: Gubernur Kaltara positif COVID-19, sedang jalani isolasi mandiri

Biasanya akan ada pemantauan akhir isolasi. Semuanya akan dipantau. Sedangkan surat resmi mungkin hari ini atau paling lambat pada hari Senin (18/7) akan dikeluarkan.

"Jika semuanya tanpa gejala maka sampai 10 hari akan dinyatakan sembuh," katanya.

Baca juga: 361 warga pedalaman di Kaltara positif COVID-19

Selain itu, anggota keluarga di rumah jabatan gubernur serta staf gubernur pada hari Senin juga akan dikeluarkan surat keterangan sudah sembuh.

Zainal dan istri terkonfirmasi COVID-19 dari hasil pemeriksaan PCR pada hari Jumat (9/7) dan menjalani isolasi mandiri di rumah jabatan di Tanjung Selor, Bulungan.

Baca juga: Ketua DPRD Kaltara positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri
 

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar