Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Ketua Yayasan Masjid Agung Darunnajah Putussibau Kapuas Hulu Kalimantan Barat Zainuddin mengatakan pihaknya siap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 H/2021 Masehi di Masjid Agung Darunnajah Putussibau dengan melibatkan petugas dinas kesehatan.
 
"Masjid Agung Darunnajah Putussibau melaksanakan sholat Idul Adha dan kami siap menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah," kata Zainuddin, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Ahad.
 
Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Darunnajah sudah menjadi keputusan rapat pengurus masjid dan pertimbangan dari Pemkab Kapuas Hulu.
 
Menurut dia, sesuai ketentuan dari pemerintah maka setiap jamaah yang datang akan di cek suhu tubuh sesuai standar prokes yang akan dilakukan oleh petugas kesehatan.

Baca juga: Shalat Idul Adha di Mimika Papua dipusatkan di 75 masjid

Baca juga: Pemkot Makassar larang Shalat Idul Adha di masjid dan lapangan
 
"Silahkan bagi umat Islam yang hendak Shalat Idul Adha di Masjid Agung Putussibau dengan catatan kita wajib mematuhi Prokes," ucap Zainuddin.
 
Ia juga mengatakan pengurus Masjid Agung Darunnajah Putussibau sudah menerima surat edaran dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu nomor 367/ BPBD/ PS-A tentang petunjuk teknis terkait penyelenggaraan malam takbiran, sholat Idul Adha dan pelaksanaan qurban Tahun 1442 H/2021 Masehi, di luar wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.
 
Terkait hewan qurban pada Idul Adha, Zainudin mengatakan untuk di Masjid Agung Darunnajah Putussibau telah menyiapkan tiga ekor sapi terdiri dari satu ekor dari Pemkab Kapuas Hulu, satu ekor dari Pemprov Kalbar dan satu ekor dari jamaah.*

Baca juga: Seluruh lurah di Palu diminta pastikan Shalat Idul Adha taati prokes

Baca juga: Pemkab Maros izinkan Shalat Idul Adha namun bersyarat

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021