sehingga kita bisa membantu melalui kurban tahun ini
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur menyembelih berbagai hewan kurban berupa 102 ekor sapi dan 60 ekor kambing untuk para mustahik dengan total 6.014 kepala keluarga saat Idul Adha 1442 Hijriah.

Ratusan hewan kurban itu merupakan dukungan dari para direksi, manajemen, dan karyawan bersama keluarga besar perusahaan.

"Lebih dari separuh karyawan ikut berkurban tahun ini. Atas nama direksi dan manajemen, kami sangat mengapresiasi, semoga menjadi berkah bagi karyawan bersama keluarga, serta memberi manfaat bagi para mustahik di Kota Bontang,” kata Direktur Utama Pupuk Kalimantan Timur Rahmad Pribadi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia berpesan agar Idul Adha tahun ini disambut dengan memperbanyak syukur karena masih diberi kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Menurut dia, perayaan Idul Adha menjadi momentum ibadah dengan saling berbagi karena hakikat kurban merupakan salah satu upaya menumbuhkan kepekaan dan solidaritas antarsesama manusia.

“Terlebih di tengah pandemi banyak saudara kita yang membutuhkan, sehingga kita bisa membantu melalui kurban tahun ini,” ujar Rahmad.

Baca juga: Pupuk Kaltim beri beasiswa 36 pelajar berprestasi di Bontang

Pupuk Kalimantan Timur yang merupakan anak usaha PT Pupuk Indonesia Holding Company itu menyalurkan hewan kurban melalui Badan Pembina Umat Islam (BPUI).

Bursa hewan kurban digelar secara daring melalui aplikasi Mitros untuk memberi kemudahan pelayanan bagi para muqorrib. Bursa kurban juga diselenggarakan luring selama tiga hari dengan protokol kesehatan yang ketat.

Prosesi penyembelihan diawali penyerahan hewan kurban oleh Direktur Utama Pupuk Kalimantan Timur Rahmad Pribadi kepada Ketua Pelaksana Kurban BPUI Brian Salviantono di halaman parkir Masjid Baiturrahman Bontang, Selasa.

Penyaluran daging kurban menyasar para mustahik dengan total 6.014 kepala keluarga. Mereka tersebar di sejumlah kelurahan di Bontang Barat, Bontang Utara, hingga jalan Pipa dan Poros Bontang Sangatta.

“Para mustahik ditentukan melalui survei tim BPUI agar penyaluran tepat sasaran dan tidak tumpang tindih. Selain di Baiturrahman, pendistribusian juga dilakukan melalui sejumlah masjid di bawah koordinasi BPUI,” kata Ketua Pelaksana Kurban BPUI Brian Salviantono.

Ketua Takmir Masjid Al-Misbah Bontang Kuala Dadi Gunawan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para muqorrib Pupuk Kalimantan Timur untuk penyaluran hewan kurban melalui pihaknya.

Dia memastikan penyaluran daging kurban bagi para mustahik sesuai sasaran penerima.

“Meski di tengah pandemi COVID-19, Pupuk Kalimantan Timur masih terus memberi kepedulian bagi masyarakat. Kami pastikan amanah para muqorrib tersampaikan kepada mustahik yang ada di Kelurahan Bontang Kuala,” ucap Dadi.

Baca juga: Pupuk Kaltim distribusikan 1,7 juta ton pupuk pada kuartal I 2021
Baca juga: Peduli lingkungan, Pupuk Kaltim konsisten tekan emisi gas rumah kaca

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021