Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengapresiasi dan menyampaikan kebanggaannya atas kesuksesan lifter Eko Yuli Irawan yang selalu menyabet medali untuk kontingen Indonesia dalam empat edisi Olimpiade beruntun.

"Eko Yuli Irawan merupakan atlet angkat besi asal Jawa Timur. Tak hanya membanggakan Jawa Timur, prestasi Eko juga membawa harum nama Bangsa Indonesia. Kita patut berterimakasih kepada Eko selalu berhasil membawa pulang medali di empat olimpiade," kata LaNyalla melalui siaran pers, Minggu.

Eko Yuli baru saja menorehkan prestasi gemilang saat mencatatkan total angkatan 302 kilogram untuk membawa pulang medali perak angkat besi kelas 61kg putra Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Minggu.

Keberhasilan itu kian melengkapi kesuksesan Eko yang pada Olimpiade Beijing 2008 meraih medali perunggu kelas 56kg. Medali perunggu berhasil dipertahankan Eko saat tampil di kelas 62kg putra Olimpiade London 2012, yang belakangan ditingkatkannya jadi perak empat tahun kemudian di Rio de Janeiro.

Baca juga: Eko Yuli Irawan sumbang perak untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo
Baca juga: (Round up) Medali kedua Indonesia dari Eko Yuli dan terukirnya sejarah


Sebagai mantan Wakil Ketua KONI Jatim, LaNyalla menyatakan akan memberi dukungan kepada Eko agar bisa berprestasi lebih baik lagi.

"Tentu kita beri dukungan penuh. Apalagi saya sebagai Senator Dapil Jawa Timur, tentu siap memberikan yang terbaik agar Eko bisa terus berprestasi mengharumkan nama bangsa," tutur LaNyalla.yang sedang reses di Jawa Timur.

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga meminta kepada pemerintah untuk memberi dukungan penuh kepada atlet-atlet yang berhasil mengukir berprestasi di berbagai kejuaraan.

"Sudah selayaknya para atlet berprestasi tersebut, di mana Eko salah satunya, diberikan dukungan penuh oleh pemerintah," kata LaNyalla.

Dalam penampilannya di Olimpiade Tokyo, Eko hanya mampu mencatatkan angkatan terbaiknya 137 kilogram pada angkatan snatch. Itu setelah dua angkatan 141 kilogram pada percobaan kedua dan ketiganya gagal.

Sementara di angkatan clean and jerk, Eko yang pada Sabtu (24/7/2021) berulang tahun ke-31, membukukan angkatan terbaik 165 kilogram.

Baca juga: Eko Yuli belum kepikiran pensiun usai perak Olimpiade Tokyo
Baca juga: Menpora berharap Eko Yuli turut andil dalam bina lifter junior

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021